Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Karangpandan, Karanganyar)

Ikawati, Frisilia (2015) Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Karangpandan, Karanganyar). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini, membuat persaingan bisnis semakin ketat. Hal itu juga berimbas pada bisnis di bidang pendidikan hingga akhirnya semakin banyak lembaga bimbingan belajar yang muncul, oleh karena itu masing-masing lembaga bimbingan belajar harus membuat strategi untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas para siswa yang telah mengikuti pembelajaran dengan menyesuaikan pola pendidikan dan kurikulum sekolah yang seringkali berubah. Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam loyalitas konsumen, antara lain kualitas layanan, reputasi merek, dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, reputasi merek dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Populasi yang digunakan adalah para siswa yang mengikuti pembelajaran pada lembaga bimbingan belajar Primagama cabang Karangpandan. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling, diperoleh sampel sebanyak 65 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis, di mana sebelumnya dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, reputasi merek dan kepuasan konsumen dapat meningkatkan loyalitas para siswa yang mengikuti pembelajaran di lembaga bimbingan belajar Primagama cabang Karangpandan. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik dapat terlihat dengan jelas bahwa secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial (individu) semua variabel bebas (kualitas layanan, reputasi merek dan kepuasan konsumen) dapat mempengaruhi variabel terikat (loyalitas konsumen). Variabel kualitas layanan dan reputasi merek berpengaruh signifikan yang positif terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas layanan, reputasi merek dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan yang positif terhadap loyalitas konsumen. Serta variabel kualitas layanan dapat berpengaruh secara langsung tanpa melalui kepuasan konsumen, akan tetapi variabel reputasi merek berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen. Secara signifikan pengaruh yang diberikan ketiga variabel bebas tersebut bersifat positif, artinya semakin tinggi persepsi tentang kualitas layanan, reputasi merek dan kepuasan konsumen maka mengakibatkan semakin tinggi pula tingkat loyalitas konsumen. Pada nilai koefisien determinasi ditunjukkan oleh Adjusted R Square yaitu sebesar 0,885 yang menunjukkan bahwa kualitas layanan, reputasi merek dan kepuasan konsumen secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen sebesar 88.5%, sedangkan sisanya sebesar 11.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Kata Kunci : Kualitas Layanan, Reputasi Merek, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Feb 2016 01:37
Last Modified: 05 Feb 2016 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2755

Actions (login required)

View Item View Item