Wafa, Muhammad Sirril (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ ROUDLOTUL QUR’AN TAMANSARI MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800078_fullpdf.pdf Download (5MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
Abstract
Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan pendidikan baca dan menulis Al-Qur’an dikalangan anak-anak. BTQ bertujuan dalam rangka untuk menyiapkan anak- anak didiknya menjadi generasi qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Tamansari Mranggen Demak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian pada skripsi ini dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari latar belakang diatas penulis merumuskan permasalahan yaitu: “Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Roudlotul Qur’an Tamansari Mranggen Demak”. Kurikulum TPQ di TPQ Roudlotul Qur’an Tamansari memuat 5 materi pokok, diantaranya adalah tauhid, fasholatan, doa sehari-hari, tajwid, dan hafalan surat pendek. Untuk pelaksanaan para asatdzid menggunakan beberapa metode seperti ceramah, dan bernyanyi. Untuk evaluasi dewan asatdzid menggunakan berbagai teknik seperti ujian tertulis, lisan, dan praktik. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran BTQ, TPQ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 06:58 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27443 |
Actions (login required)
View Item |