PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD BUDI LUHUR GEMAH PEDURUNGAN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Munir, Mohammad Sirojul (2022) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD BUDI LUHUR GEMAH PEDURUNGAN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800062_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Keluarga sebagai pendidikan yang utama dalam pembentukan kepribadian anak, disamping pendidikan yang dilakukan dilembaga formal seperti sekolah, maka pendidikan non formal yang paling utama dan diutamakan. Kemudian orangtua sebagai pendidikannya, dengan demikian keluarga mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan anak, terutama pada fase anak-anak, dimana orangtua harus memberikan perhatian dan keteladanan secara continue. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment dengan lokasi penelitian di SD Budi Luhur Gemah Pedurungan Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara acak, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui apakah hipotesis yang diterima atau ditolak digunakan dengan pengajuan taraf signifikan 5% dari responden yang berjumlah N=73 didapatkan tabel sebesar 0,235 sedangkan r hitung diperoleh data sebesar 0.369, maka diperoleh r hitung 0.369 dan r tabel 0,235 sehingga (0.369≥0,235). Dengan demikian hasilnya ada pengaruh yang signifikan kedua variabel tersebut. Pola asuh demokratis orangtua di SD Budi Luhur Gemah Pedurungan Kota Semarang dalam kategori “Baik" dan Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SD Budi Luhur Gemah Pedurungan Kota Semarang dalam Kategori “Cukup”. Hal ini dapat diketahui berdasarkan Nilai Raport Tahun Ajaran 2021-2022 yang menunjukkan rata-rata sebesar 79. Terdapat pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SD Budi Luhur Gemah Pedurungan Kota Semarang. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi Product Moment sebesar 0,369. Hasil penelitian ini lebih besar dari hasil tabel yaitu taraf signifikan 5% nilai 0,235 dan pada taraf signifikansi 1% nilai 0,306. Kata kunci: Pengaruh, Pola Asuh Demokratis, Prestasi Belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 03:00
Last Modified: 23 Jan 2023 03:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27423

Actions (login required)

View Item View Item