Kumala, Mar’atul (2022) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU DENGAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS HASYIMIYAH TUBAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800056_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan menjelaskan guru dengan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTs Hasyimiyah Tuban tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri dari tiga rumusan masalah yaitu bagaimana keterampilan menjelaskan guru, bagaimana hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VII dan hubungan diantara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif field research yaitu penelitian dengan menggunakan analisis statistik dengan cara mengkorelasikan variabel X (keterampilan menjelaskan guru) dengan variabel Y (hasil belajar Fiqih peserta didik). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner sebagai sumber data primer, observasi dan dokumentasi sebagai sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis menggunakan rumus uji korelasi product moment dan dilanjutkan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan uji validitas terdapat 22 pertanyaan kuisioner keterampilan menjelaskan guru bersifat valid dan uji reliabilitas menunjukkan nilai reliabilitas 0,896 > 0,60, artinya bersifat reliabel. Nilai rata-rata hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VII di peroleh sebesar 81 menunjukkan bahwa hasil belajar Fiqih kelas VII dalam kategori “Cukup”. Pada uji hipotesis menggunakan rumus uji korelasi product moment menunjukkan bahwa hubungan antara keterampilan menjelaskan guru dengan hasil belajar Fiqih sebesar 0,569, artinya bersifat positif karena r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,569 > 0,339. Kriteria dalam korelasi product moment, nilai korelasi antara 0,40 – 0,599 bersifat cukup. Oleh karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel 0,569 > 0,339, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya bahwa hubungan variabel keterampilan menjelaskan guru dengan hasil belajar Fiqih peserta didik memiliki hubungan yang signifikan (ha di terima). Artinya, apabila keterampilan menjelaskan guru ditingkatkan, maka hasil belajar Fiqih peserta didik juga akan meningkat. Kata Kunci : Hubungan, Keterampilan menjelaskan guru, Hasil belajar, Fiqih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 07:23 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 07:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27394 |
Actions (login required)
View Item |