PENGARUH ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2018-2020)

Zuniawati, Nurul (2022) PENGARUH ISLAMIC SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2018-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31401506272_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh Islamic Social Responsibility (ISR) terhadap profitabilitas perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 13 Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia, yang melaporan laporan tahunannya dalam periode 2018-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan selama periode 2018-2020 yang dikeluarkan oleh setiap perusahaan melalui website resmi tiap Bank. Penelitian ini menggunakan model regresi sederhana dan meggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa Islamic Social Responsibility berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur melalui rasio Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Artinya pengungakapan pelaporan Islamic Social Responsibility memberikan dampak positif dalam peningkatan profitabilitas sebagai gambaran kinerja perusahaan. Kata kunci : Islamic Social Responsibility, profitabilitas, ROA, ROE, NPM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 02:33
Last Modified: 23 Jan 2023 02:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27372

Actions (login required)

View Item View Item