Gunarsih, Fajar Riatul (2022) STRATEGI GURU BTQ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MTS NU MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
31501800034_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
Abstract
Program BTQ adalah Pendikan untuk melatih baca tulis Al-Qur’an bagi kalangan anak anak. Penelitian ini bertujuan untuk:1) untuk mengetahui kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik 2) untuk mendeskripsikan strategi guru BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan BTQ. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisisnya dilakukan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik di MTs NU sudah cukup, di karenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi nya, yaitu lingkungan peserta didik, kurangnya semangat dan dorongan orang tua. Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik di MTs NU Mranggen yaitu memperhatikan kemampuan peserta didik, memilih sumber belajar dan juga memilih metode. Faktor pendukung salah satunya adalah adanya guru yang berkompeten. Sedangkan faktor penghambat nya adalah kemampuan dari peserta didik yang bervariasi dalam membaca Al-Qur’an, faktor keluarga diantaranya kurang nya semangat dan dorongan dari orang tua, faktor lingkungan. Kata Kunci : Strategi, Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 01:53 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 01:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27330 |
Actions (login required)
View Item |