PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP MINAT BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 11 OKU SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Rokhani, Binti (2022) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP MINAT BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 11 OKU SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800025_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengukur pengaruh penggunaan metode tanya jawab sebagai metode pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 11 OKU Sumatera Selatan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket (kuesioner) dengan sampel 110 siswa dari jumlah populasi 168 siswa. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS yaitu dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini mempunyai persamaan regresi yaitu: Y = α + βX atau Y = 20,591 + 0,702 yang menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu skor pada penerapan metode tanya jawab menyebabkan kenaikan sebesar 0,702 pada skor minat belajar peserta didik dengan hasil uji hipotesis akhir yaitu Ho ditolak dan Ha diterima di mana maksudnya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode tanya jawab (variabel X) terhadap minat belajar peserta didik (variabel Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada variabel metode tanya jawab ditemukan bahwa ada 1 siswa yang memperoleh skor terendah sebesar 50 yang terletak pada indikator materi pelajaran dan media penyampaian materi pelajaran oleh guru, dan juga pada indikator memberi umpan balik antara guru dengan siswa. Sedangkan pada variabel minat belajar ditemukan bahwa ada 1 siswa yang memperoleh skor terendah sebesar 49 yaitu terletak pada indikator keaktifan dan keseriusan siswa saat belajar di kelas karena tidak semua siswa bisa aktif dan serius disaat bersamaan. Kata Kunci: Metode Tanya Jawab; Minat Belajar; Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2023 01:51
Last Modified: 23 Jan 2023 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27312

Actions (login required)

View Item View Item