ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SOAL HOTS MATERI KPK FPB SISWA KELAS IV SDN GEBANGSARI 02

Lestarini, Lestarini (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SOAL HOTS MATERI KPK FPB SISWA KELAS IV SDN GEBANGSARI 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800040_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kesulitan belajar matematika kpk fpb siswa kelas IV SDN Gebangsari 02 tahun ajar 2022-2023, (2) bagaimana cara penyelesaian soal HOTS materi kpk fpb siswa kelas IV SDN Gebangsari 02 tahun ajar 2022-2023. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah (1) Mengetahui kesulitan belajar matematika pada materi kpk fpb siswa IV SDN Gebangsari 02 tahun ajar 2022-2023, (2) Mendeskripsikan kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi kpk fpb siswa kelas IV SDN Gebangsari 02 tahun ajar 2021-2023. Jenis penelitian dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas IV SDN Gebangsari 02 tahun ajar 2022-2023 yang dipilih beradasarkan tingkat kemampuan menyelesaikan soal HOTS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbasis HOTS, wawancara guru dan siswa dan studi dokumentasi. Instrumen pengupulan data adalah pedoman wawancara guru dan siswa serta pedoman tes soal HOTS. Hasil dari penelitian ini adalahkesimpulan bahwa kesulitan belajar siswa dengan kemampuan tinggi mengalami kesulitan belajar pada 1 soal, siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan belajar pada 2 soal, dan siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan belajar pada semua soal. Kemampuan siswa tingkat tinggi mengalami kesulitan saat mengerjakan jawaban akhir karena kurangnya ketelitian, siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan menentukan rumus dan siswa kategori rendah mengalami kesulitan dalam menyebutkan informasi yang ada dalam soal, kesulitan dalam menentukan rumus, kurang memahami maksud soal dan kurangnya ketelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:10
Last Modified: 19 Jan 2023 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27295

Actions (login required)

View Item View Item