PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V SDN SUGIHREJO 01

Safitri, Yuliani (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS V SDN SUGIHREJO 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800074_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah pada materi kubus dan balok siswa kelas V SDN Sugihrejo 01 melalui model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupkan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penenlitian ini adalah sebanyak 15 siswa kelas V SDN Ssugihrejo 01 dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan lembar tes kemampuan pemechan masalah. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) hasil uji Paired Sample t-Test yang mendapatkan hasil nilai sig. 2 tailed sebesar .000. (2) hasil uji One Sample t-Test menunjukkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0.000. (3) uji Independent Samples t-Test pada nilai sig. 2 tailed mendapatkan hasil sebesar 0.00. (4) hasil mean pada pre-test menunjukkan hasil sebesar 44.07 dan hasil post-test dengan hasil 88.33. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka penggunaan Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika memiliki pengaruh yang terhadap kemampuan pemecahan masalah dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa hingga mencapai KKM. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), etnomatematika, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:30
Last Modified: 19 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27276

Actions (login required)

View Item View Item