Tohirudin, Sodiq (2022) PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN KINERJA GURU DI KABUPATEN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
34301800069_fullpdf.pdf Download (738kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dalam pendidikan secara keseluruhan yang menjadi sorotan dan figure di pendidikan adalah guru, sebagai seorang pendidik dimana peranya untuk menjalankan tugas sebagai pendidik dan mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kecerdasan peserta didik. Peran guru dalam membangun Pendidikan sangatlah berpengaruh terutama pada proses belajar mengajar. Berdasarkan wawancara dan observasi yangtelah dilaksanakan diperoleh data, terdapat beberapa guru yang kurang kreatif dalam memberikan metode pembelajaran, seperti mengirim materi mengambil dari video Youtube dan memberikan pembelajaran hanya dari buku saja. Selain itu juga kemampuan literasi guru serta saran prasarana untuk menerapkan litersai digital di SD tersebut belum memadai. Tidak ada progam mengenai literasi digital sehingga siswa tidak dapat berlatih tentang literasi digital disekolah. Dengan latar belakang tersebut peneliti ingin meneliti apakah ada pengaruh kreativitas guru terhadap literasi digital dan kinerja guru di Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “ ex post facto”. Teknik pengambilan sampel menggunakan probabilitiy sampling, lebih tepatnya cluster sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah observasi dan kusioner. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji Normalitas kemudian analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini, uji normalitas nilai signifikan dari 3 variabel, pertama nilai signifikan kreativitas guru 0,028. Kedua nilai signifikan literasi digital guru 0,179. Dan ketiga nilai signifikan kinerja guru 0,021. maka data uji normalitas ini dapat disimpulkan normal (valid). Kemudian hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh pengaruh kreativitas guru terhadap Literasi digital guru diperoleh nilai F hitung sebesar 0,000 dengan tingkat signifikan 0,989 > 0,05. Koefisien determinasi ( R Square ) diperoleh adalah 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara kreativitas guru dengan literasi digital guru. Hasil analisis regresi linear sederhana kreativitas guru terhadap kinerja guru diperoleh nilai F hitung sebesar 9,846 dengan tingkat signifikan 0,006 < 0,05. Koefisien determinasi ( R Square ) diperoleh adalah 0,381 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Kreativitas guru dengan kinerja guru. Berdasarkan dari penelitian yang telah di laksanakan dapat di simpulkan, Tidak ada pengaruh kreativitas guru terhadap literasi digital guru. Ada pengaruh kreativitas guru terhadap kinerja guru. Kata kunci: Kreativitas Guru, Literasi Digital Guru, Kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:28 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:28 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27258 |
Actions (login required)
View Item |