EFEKTIVITAS MEDIA BILANGAN KALENDER DALAM PENINGKATAN LITERASI NUMERASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SD MUHAMMADYAH 02 KENDALSARI

Fitriani, Sinta (2022) EFEKTIVITAS MEDIA BILANGAN KALENDER DALAM PENINGKATAN LITERASI NUMERASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS V SD MUHAMMADYAH 02 KENDALSARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800065_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini menemukan masalah rendahnya literasi numerasi di SD yang diteliti. Literasi numerasi lebih menekankan tentang bagaimana cara berfikif peserta didik dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari dengan penalaran, penggunaan, penafsiran dan pengkomunikasian dalam bentuk angka serta simbol. Literasi Numerasi ini secara umum dan khususnya di SD Muhammadyah 02 Kendalsari masih tergolong rendah. Diperlukan suatu kreatifikan dan inovasi pendidik dalam proses belajar mengajar khususnya dalam menerapkan suatu metode pembelajaran dan media ajar. Salah satu metode pembelajaran dan media ajar yang digunakan dalam menunjang pembelajaran yaitu metode pembelajaran pendekatan matematika realistik dan media bilangan kalender. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan Desain penelitian ini menggunakan pre-Eksperiment Design, tepatnya menggunakan Eksperimental One-group Pretest-posttest desain ini tidak memiliki kelompok pembanding dengan Sampel diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi 18 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah media bilangan kalender efektif digunakan untuk meningkatkan literasi numerasi matematika menggunakan pendekatan matematika realistik, serta apakah ada peningkatan nilai KKM dalam penggunaan pendekatan matematika realistik. Hasil uji normaitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0,160 Lmaks posttest 0,119 yang nilainya < dari L tabel yaitu 0,200. Uji Hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Upper sebesar -34,473 dan Lower sebesar -45,527. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05 dan uji hipotesis kedua berupa uji gain menunjukkan ada perbedaan dilihat menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari hasil rumus gain rata-rata normalitas dengan hasil 0,72. Nilai tersebut adalah berdistribusi tinggi yang berarti < 0,05maka Ho ditolak dan Ha diterima Kata Kunci : Literasi Numerasi, Media Bilangan Kalender, Pendekatan Matematika Realistik Pada Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:29
Last Modified: 19 Jan 2023 06:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27245

Actions (login required)

View Item View Item