ANALISIS GERAKAN LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SD BUDI LUHUR SEMARANG

Sindi, Sindi (2022) ANALISIS GERAKAN LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SD BUDI LUHUR SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800064_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Penelitian berlatar beralakang, kemampuan dasar membaca sangat perlu dalam mengikuti dan menerima pembelajaran di sekolah. Pemerintah menerapkan program GLS dimulai dari tahun 2016. Penelitian berfokus pada analisis gerakan literasi sekolah pada kemampuan membaca siswa kelas II SD Budi Luhur Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan GLS kelas II SD Budi Luhur Semarang dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat GLS. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru dan Siswa SD Budi Luhur Semarang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Observasi, wawancara ,dokumtasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah dapat diperoleh adanya pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah yaitu: Pelakanaan 15 menit membaca sebelum memulai pembelajaran, Pojok baca dan cafe literacy. Adapun faktor pendukung Adanya sarana unruk mensosialisasikan program kepada seluruh warga sekolah penyampaian langsung kepada siswa, Adanya sumbangan buku dari lembaga pemerintah, sumbangan buku dari orangtua, sumbangan buku dan warga sekolah aktif dalam mengikuti setiap kegiatan literasi. Faktor penghambat kurangnya sarana prasarana ketersediaan buku di perpustakaan. Kata kunci :Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:27
Last Modified: 19 Jan 2023 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27241

Actions (login required)

View Item View Item