Anas, Rizky M. (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS III SD ISLAM SULTAN AGUNG 04. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
34301800063_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
Abstract
Penelitian ini mengacu pada kurangnya pemahaman konsep dalam mengerjakan soal cerita saat peneliti sedang melakukan pengamatan kegiatan magang. Tujuan pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa, sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode yang diterapkan pada penelitian ini merupakan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini berupa True Experimental Design tepat dalam penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menghasilkan peningkatan pemahaman konsep siswa ketika menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep soal cerita matematika dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan tanpa perlakuan pada siswa kelas III di SD Islam Sultan Agung 04 dilihat dari hasil rata-rata nilai pada kelas eksperimen 75,74, dan kelas kontrol sebesar 69,39. Kata kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:26 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27239 |
Actions (login required)
View Item |