Alfina, Reza Ayu (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP NILAI BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SD ISLAM AL FATTAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
34301800059_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai menyebabkan siswa tidak tertarik dalam pembelajaran hal ini dapat mempengaruhi nilai belajar yang diperoleh siswa. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended terhadap nilai belajar siswa. Model pembelajaran open ended yaitu model pembelajaran yang didalamnya terdapat permasalahan dengan memiliki lebih dari satu solusi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design. Sample dari penelitian ini yaitu kelas 4 di SD Islam Al Fattah. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan uji normalitas pada pretest dan posttest berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest output SPSS pada kolom sig yang bernilai 0,187 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal, sedangkan dari hasil posttest output SPSS pada kolom sig yang bernilai 0,252 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis independent sample t test menunjukkan hasil sig. (2-tailed) 0,000 <0,05 maka H0 diterima maka ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian ada uji hipotesis paired sampe t test menunjukkan hasil sig.(0,000< 0,05 maka H0 diterima maka ada pengaruh model pembelajaran open ended terhadap nilai belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Open ended, Nilai Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:33 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27231 |
Actions (login required)
View Item |