SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL DENGAN METODE PREFERENCE SELECTION INDEX ( STUDI KASUS DI DESA BULUNG KULON KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH)

PUTRANTO, ALFI PUJI (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN SOSIAL DENGAN METODE PREFERENCE SELECTION INDEX ( STUDI KASUS DI DESA BULUNG KULON KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS JAWA TENGAH). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Informatika_32601601030_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601601030_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bantuan sosial merupakan pemberian bantuan berbentuk uang/ benda dari pemerintah wilayah kepada individu, keluarga, kelompok serta warga yang sifatnya tidak secara terus menerus serta selektif yang bertujuan buat melindungi dari mungkin terbentuknya resiko social. Salah satu program dari bantuan sosial merupakan Bantua Pangan Non Tunai (BPNT) ialah bantuan sosial pangan dalam wujud non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tiap bulannya lewat mekanisme Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang digunakan cuma buat membeli bahan pangan berbentuk beras, daging serta telor di e-warung yang berkolaborasi dengan Himpunan Bank Negeri (HIMBARA). kelurahan desa Bulung Kulon jadi salah satu daerah yang mempraktikkan program tersebut. Pada penerapannya ada Permasalahan dalam pemberian dana bantuan sosial ialah terdapatnya keterbatasan dana yang hendak disalurkan sementara itu itu terjadi kemiripan data kondisi ekonomi penerima Bantuan Sosial sehingga perlu buat merangking data penerima Bantuan Sosial bersumber pada kriteria yang telah ditentukan serta tidak adanya subjektifitas pengambilan keputusan yang menyebabkan bantuan belum tepat sasaran. buat menangani permasalahan tersebut penulis meberikan inovasi ialah sistem pendukung keputusan penerima Bantuan Sosial dengan memakai Metode Preference Selection Index (PSI). kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses pemilihan penerima bantuan tersebut bisa dilakukan secara objektif. Serta pula dengan memakai sistem pendukung keputusan ini waktu yang di butuhkan buat pemilihan calon penerima bantuan jadi lebih pendek. Kata kunci : Bantuan Sosial, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Preference Selection Index (PSI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:32
Last Modified: 19 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27229

Actions (login required)

View Item View Item