Murwani, Galuh Gandes (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKA PIN BARU UNTUK KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
34301800034_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
Abstract
Penelilitian berfokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis permainan tradisioal Suka Pin Baru. Kurang ketersediaannya media dan motivasi pendidik terjadi di Sekolah Dasar terutama pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis, dan berpengaruh pada pemahaman materi luas permukaan bangun ruang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dikembangakan adalah Suka Pin Baru. Subjek dalam penelitain ini adalah peserta didik SD Negeri 1 Gabus 2021 /2022. Variabel penelitian meliputi validasi materi, validasi media, respon peserta didik, respon pendidik, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data meliputi analisis data validasi, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Rata – rata nilai dari 3 validator untuk media Suka Pin Baru 84 % kategori sangat layak, pada indikator kepraktisan hasil respon guru dan peserta didik 87 % kategori praktis, perbedaan nilai hasil belajar pre – test 73 % kategori efektif dan post – test 85 % kategori sangat efektif dengan signifikansi 0.000 menunjukkan media Suka Pin Baru sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Matematika, Bangun ruang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 06:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 06:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27189 |
Actions (login required)
View Item |