PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI PACET

Utami, Aniarahma Widia (2022) PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI PACET. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301800010_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Ice Breaking dapat berpengaruh pada pemahaman konsep IPA serta motivasi belajar peserta didik peserta didik kelas III SD Negeri Pacet. Adapun penelitian ini dilatar belakangi kurangnya motivasi dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang berdampak pada kurangnya pemahaman peserta didik. Penelitian menunjukkan adanya perubahan tingkah laku positif dan motivasi peserta didik selama penggunaan Ice Breaking yang akhirnya berdampak pada meningkatnya pemahaman konsep IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimen bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Hasil uji T dimana Sig = 0,000 < α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima menyatakan adanya pengaruh penggunaan Ice Breaking yang berarti bagi pemahaman konsep IPA sehingga hipotesis 1 terbukti terdapat pengaruh Ice Breaking terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik diperkuat dengan perbedaan peningkatan hasil tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pemberian pre-test dan post-test. Sedangan hasil uji T pada motivasi belajar peserta didik memperoleh nilai Sig 0,01 < α = 0,05 sehingga dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima menyatakan bahwa adanya hipotesis 2 terbukti terdapat pengaruh Ice Breaking yang berarti bagi motivasi belajar diperkuat dengan adanya perbedaan hasil angket pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga pada kedua nilai dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di SD Negeri Pacet dinyatakan berhasil dan kedua hipotesis yang ada dapat dibuktikan. Kata kunci : Ice Breaking, Pemahaman konsep IPA, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:14
Last Modified: 17 Jan 2023 02:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27134

Actions (login required)

View Item View Item