Erlinawati, Rika (2022) PENGARUH METODE GLOBAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I DI SDN KUNCIR 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
34301700043_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa akibat rasa bosan dan malas karena peneraapan model pembelajaran yang tidak efektif sepertihalnya ceramah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitiannya adalah pre-eksperimental designs jenis One-Group Pretes-Posttest Design. Sampel dipakai menggunakan sampel sistematis dari populasi sebesar 32 siswa diambil sebanyak 30 siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis [engaruh metode global terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Kuncir 01, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode global terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SDN Kuncir 01. Hasil uji normalitas data memperlihatkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Hal tersebut dapat dilihat melalui nilai Lmaks pretest 0,114 dan Lmaks Posstest 0,134 di mana nilainya < Ltabel yaitu 0,161. Uji hipotesis dilakukan berupa uji-t (paired sample t-test) di mana menunjukkan adanya pengaruh metode global terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan dilihat dari angka lower serta uppernya yang bernilai negatf, yakni lower sebesar -3,511 dan upper sebesar -1,955. Serta nilai Sig. (2-tailed) di mana memperlihatkan angka 0,000 dengan artian < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Metode Global dan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:37 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27102 |
Actions (login required)
View Item |