Widianingsih, Widianingsih (2022) PENGEMBANGAN BUSUR DERAJAT BERJARUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD N BUMI MULYO KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
34301700003_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media busur derajat berjarum untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IV SD N Bumimulyo kabupaten Pati. Dalam pelaksanaan penelitian, sebagian besar siswa kelas IV kesulitan dalam penggunaan busur derajat untuk mengukur sudut.Tujuan Penelitian untuk meningkatkan prestasi siswa kelas IV dalam mengukur sudut. Penelitian menggunakan Research and Development (RnD) dengan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Hasil dari penelitian ini tingkat kelayakan media dari kedua validator adalah 86% diimana media tersebut dinilai layak digunakan. Sedangkan kepraktisan media mendapat hasil 100%, dimana hasil tersebut dinilai media praktis digunakan. Sedangkan hasil kefektifan media dilakukan pre test dan post test terhadap siswa kelas IV. Pre test mendapat jumlah skor 1100 dan post test mendapat jumlah skor 1270. Dari uji gain mendapat nilai 0,425 dimana pengembangan media busur derajat berjarum termasuk sedang dalam interpretasi. Kesimpulan pengembangan media busur berjarum adalah media dinilai layak dari hasil angket validator, media dinilai praktis dari angket guru kelas dan media dinilai layak dari pelaksanaan pre tes dan post tes siswa kelas IV. Kata kunci : Busur derajat berjarum, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 06:37 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 06:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27068 |
Actions (login required)
View Item |