Erlinda, Rr Mirza Ramadhany (2022) Peningkatan Customer Retention melalui Digital Marketing dan Paramedic Competency Dengan Hospital Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
Magister Manajemen_20402000058_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Magister Manajemen_20402000058_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
Abstract
Retensi pelanggan sebagai salah satu cara dalam mempertahankan pelanggan pada dunia bisnis. Hubungan bisnis yang dipelihara dengan baik antara perusahaan dan konsumen akan berdampak baik bagi perusahaan dalam mengubah pelanggan menjadi pembeli berulang. Salah satu contoh bisnis yang juga menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat adalah pelayanan kesehatan. oleh karena itu, Rumah sakit menjadi salah satu fasilitas pelayananan yang penting bagi masyarakat. Agar rumah sakit dapat bertahan hidup dan berkembang, kualitas pelayanan dan strategi pemasaran rumah sakit harus selalu dikembangkan. Saat ini, digital marketing memegang peranan penting dalam dunia pemasaran karena perkembangan zaman yang telah beralih ke era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis citra merek rumah sakit dalam meningkatkan retensi pelanggan melalui pemasaran digital dan kompetensi paramedis pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dan Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatori, serta pengambilan data dilakukan menggunakan kuisioner dengan teknik convenience sampling. Subjek pada penelitian ini merupakan pasien rawat jalan gigi dan mulut Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dan Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung Semarang yang berjumlah 177 pasien. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis Partial Least Square. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil bahwa Paramedic Competency serta Digital Marketing melalui Accessibility, Interactivity, dan Informativeness mampu memberikan peningkatan terhadap Customer Retention dengan Hospital Brand Image sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Digital Marketing, Customer Retention, Paramedic Competency, Hospital Brand Image
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 07:21 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26842 |
Actions (login required)
View Item |