HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DALAM PEMENUHAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JUWANGI 1 BOYOLALI

Wulandari, Mega (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN LANJUT USIA DALAM PEMENUHAN AKTIVITAS SEHARI-HARI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JUWANGI 1 BOYOLALI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800112_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800112_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)

Abstract

Latar belakang : Lansia merupakan bagian dari suatu kehidupan yang prosesnya tidak bisa dihindari serta dialami oleh semua individu. Pada proses ini individu terjadi perubahan fisik serta mental, dimana penurunan ini terjadi pada berbagai fungsi, sehingga kemandirian lansia mengalami penurunan dalam beraktivitas. Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian lanjut usia pada aktivitas sehari-hari. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross section. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan jumlah respon 157 lansia dan teknik pengambilan sampel consecutive sampling. Data yang diolah menggunakan statistik uji Gamma. Hasil : Penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden dukungan keluarganya baik sejumlah 120 orang (76,4%). Penelitian ini menunjukan hasil uji statistik dengan menggunakan uji gamma diperoleh nilai p value sig yaitu 0,002 atau p value <0,05 hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian lanjut usia dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari di wilayah kerja Puskesmas Juwangi 1 Boyolali. Kata Kunci : dukungan keluarga, kemandirian lansia, aktivitas sehari-hari Daftar Pustaka : 29 (2012-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:22
Last Modified: 12 Jan 2023 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item