HUBUNGAN SELF-MANAGEMENT DIABETES DENGAN KADAR HbA1c PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Riyanti, Eva (2022) HUBUNGAN SELF-MANAGEMENT DIABETES DENGAN KADAR HbA1c PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800061_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30901800061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Latar Belakang : Diabetes Melitus Tipe 2 (DMT2) ialah bentuk DM yang sering di temukan (95%), penyebab awalnya yaitu resistensi insulin kemudian dapat menyebabkan dekompensasi pankreas. Salah satu metode untuk mengurangi dampak penyakit DMT2 adalah menerapkan perilaku Self-Management Diabetes. SelfManagement Diabetes artinya tindakan yang dilakukan oleh penderita Diabetes untuk mengendalikan serta mengelola DM. Kadar HbA1c menurut beberapa penelitian merupakan kriteria terbaik dalam mengontrol serta mencegah komplikasi pada penyakit DM. Metode : Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis design Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data rekam medik.Jumlah responden sebanyak 41 penderita dengan teknik Purposive Sampling. Data diperoleh dan diolah secara statistic menggunakan uji Chi-Square. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari 41 responden mayoritas berumur lansia akhir (56-65 tahun). Sebagian besar berjenis kelamin perempuan, pendidikan responden SD, pekerjaan IRT. Self-management diabetes mayoritas dalam kategori buruk. Kadar HbA1c mayoritas dalam kategori tidak sesuai standar glikemik. Hasil penelitian menjelaskan terdapat hubungan antara Self-Management Diabetes dengan kadar HbA1c pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan nilai p value (<0,05). Kesimpulan : Adanya hubungan Self-Management dengan kadar HbA1c pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan nilai p value (<0,05). Kata Kunci : Self-Management, HbA1c, Diabetes Melitus Tipe 2. Daftar Pustaka : 40 (2013-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:47
Last Modified: 12 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26614

Actions (login required)

View Item View Item