PELAKSANAAN TUGAS PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DALAM PEMBUATAN AKTA JUAL BELI TANAH PADA MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BREBES

ALARIC, MUHAMMAD ELDIN NAUFAN (2022) PELAKSANAAN TUGAS PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH DALAM PEMBUATAN AKTA JUAL BELI TANAH PADA MASA PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21302000052_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Pejabat Pembuat Akta Tanah/PPAT adalah pejabat yang diberi kewenangan untuk membuat akta otentik yang dapat dipercaya. Pembuatan Akta Jual Beli Tanah adalah suatu dokumen yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang dapat membuktikan kesepakatan antara masing-masing pihak mengenai jual beli tanah tersebut. Dalam masa penyebaran covid-19 di Indonesia dan aturan pemerintah mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dalam hal ini pejabat pembuat akta tanah dan para penghadap wajib mengikuti semua aturan yang berlaku untuk meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, spesifikasi penelitian deskriptif analitis yaitu cara memaparkan keadaan obyek yang diteliti, metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi kepustakaan, serta metode analitis kualitatif sebagai metode dalam menganalisa data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan: 1) PPAT memiliki peranan penting yaitu Pejabat Umum yang membantu para pihak supaya tercapai keinginannya, menyiapkan dan mendaftarkan suatu peralihan hak atas tanah pada Kantor Pertanahan, dan memiliki kewenangan untuk membuat AJB sebagai akta otentik, dan menjalankan protokol kesehatan dalam pembuatan akta jual beli sesuai dengan aturan yang diterbitkan oleh pemerintah; 2) Hambatan dalam pembuatan akta jual beli tanah yaitu apabila dari salah satu pihak ada yang terinfeksi covid-19 maka wajib menunda sementara pelaksanaan penandatangan dokumen tersebut, solusi dalam pembuatan akta jual beli tanah pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat karena adanya wabah covid-19 yaitu dengan mentaati protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah kepada masyarakat. Kata kunci : Pejabat Pembuat Akta Tanah, Akta Jual Beli Tanah, Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:49
Last Modified: 11 Jan 2023 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item