Mekanisme Pelaksanaan Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Jufana, Anastacia (2022) Mekanisme Pelaksanaan Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301800051_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)

Abstract

Mekanisme Pelaksanaan Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Pengguna BPJS Kesehatan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Tujuan penulisan ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis Mekanisme Pelaksanaan Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Pengguna BPJS Kesehatan Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial. Dan (2) Untuk mengetahui dan menganalisis kendala yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pengguna BPJS Kesehatan serta bagaimana solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif, yaitu Pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah Teori-teori, Konsep-konsep, Asas – asas hukum serta Peraturan Perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Studi Kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mekanisme pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap peserta BPJS Kesehatan selama ini telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang terdapat di dalam Undang – Undang Nomor 40 tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Mekanisme pelaksanaannya terdiri dari pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan, penerimaan pasien BPJS Kesehatan di Faskes yang telah ditunjuk oleh peserta, pengolahan data medis pasien BPJS Kesehatan, pelaporan data pasien BPJS Kesehatan dan pendanaan peserta BPJS Kesehatan. Sedangkan, Kendala – kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan JKN BPJS Kesehatan yaitu Aspek kepesertaan, Aspek Pelayanan, Aspek Pengadaan Obat – Obatan, Aspek Tarif Faskes, dan Aspek Pembiayaan Peserta. Solusi dari beberapa kendala tersebut diantaranya Jika NIK belum bisa disediakan oleh instansi yang bertanggungjawab, BPJS Kesehatan seharusnya menyediakan identitas sementara untuk peserta yang belum punya NIK. Merekomendasikan agar pembatasan pelayanan sebanyak 3 kali itu ditujukan kepada peserta yang terdaftar di faskes yang masih dalam satu kabupaten/kota. Menyediakan petugas call center di daerah untuk pelayanan portabilitas. Mengembangkan pola pembayaran khusus kepada FKTP yang memberi pelayanan kepada peserta yang berasal dari FKTP daerah lain dan merekomendasikan Kementerian Kesehatan untuk membuat kisaran tarif sebagai ruang untuk kesepakatan antara BPJS Kesehatan dan asosiasi faskes. Kemudian, membuat tarif yang acuannya bukan tipe kelas RS tapi kemampuan RS. BPJS Kesehatan perlu menegosiasikan tarif kepada setiap faskes berdasarkan nilai kredensialing. Kata Kunci : Mekanisme, Pelayanan, Jaminan Sosial Kesehatan, BPJS Kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:32
Last Modified: 06 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25832

Actions (login required)

View Item View Item