HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL SUNTIK KOMBINASI TERHADAP KELUHAN MATA KERING (Studi Observasional Pada Akseptor KB Suntik Kombinasi di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan)

Alwan, Muhammad Afif (2021) HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL SUNTIK KOMBINASI TERHADAP KELUHAN MATA KERING (Studi Observasional Pada Akseptor KB Suntik Kombinasi di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800111_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Mata kering adalah sebuah penyakit multifaktorial pada lapisan permukaan mata yang di akibatkan oleh adanya gangguan keseimbangan dari film air mata seperti gangguan hiperosmolaritas dan instabilitas lapisan film air mata, peradangan dan kerusakan permukaan okular, dan kelainan neurosensorik sehingga dapat menimbulkan gejala pada permukaan okular. Sindroma ini diyakini salah satu penyebabnya adalah perubahan keseimbangan hormon seks. Hormon seks seperti estrogen, androgen dan progesteron memiliki reseptornya pada film air mata dan juga mengatur kelenjar lakrimal dan meibom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemakaian kontrasepsi hormonal suntik kombinasi terhadap keluhan mata kering pada akseptor kb suntik kombinasi di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner OSDI. Sampel penelitian berjumlah 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan hasil data penelitian dianalisis menggunakan uji Contingency Coefficient. Hasil dari penelitian ini secara statistik mendapatkan p=0,000 (p<0,05) dengan kekuatan hubungan didapatkan r=0,373 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara penggunaan kontrasepsi hormonal suntik kombinasi terhadap keluhan mata kering di Puskesmas Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Kata kunci: KB suntik kombinasi, mata kering.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:27
Last Modified: 03 Apr 2024 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25505

Actions (login required)

View Item View Item