Aditya, Firdaus Deva (2022) PERBEDAAN NILAI MCQ SEBELUM DAN SESUDAH PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
30101800066_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
Abstract
11 Maret 2020 WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Prodi Pendidikan Sarjana Kedokteran FK Unissula ikut merasakan dampak dengan adanya pandemi tersebut. Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara luring harus diganti dengan daring untuk untuk tetap melanjutkan proses belajar mengajar termasuk juga ujian MCQ. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan nilai ujian MCQ sebelum dan sesudah pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Penelitian ini berjenis observasional analitik dengan rancangan cohort retrospektif. Sampel penelitian berjumlah 542 berasal dari mahasiswa Prodi Pendidikan Sarjana Kedokteran FK Unissula tahun ke-2, ke-3, dan ke-4 dengan metode total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di FK Unissula pada bulan Agustus 2021. Data yang sudah terkumpul kemudian dillakukan perhitungan statistik menggunakan program SPSS 25. Uji yang digunakan adalah Uji T berpasangan atau Uji Wilcoxon. Hasil penelitian didapatkan didapatkan nilai p = 0,002. Uji statistik tersebut menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan setelah pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dilakukan pada mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai MCQ sebelum dan sesudah pembelajaran daring dilaksanakan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Sarjana Kedokteran FK Unissula. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, MCQ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:41 |
Last Modified: | 02 Apr 2024 06:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25457 |
Actions (login required)
View Item |