PENGARUH MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP POST STROKE FATIGUE PADA STROKE INFARK AKUT (Studi Eksperimental Pada Pasien Stroke Infark Akut di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Mantikha, Farah Febriyani (2022) PENGARUH MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP POST STROKE FATIGUE PADA STROKE INFARK AKUT (Studi Eksperimental Pada Pasien Stroke Infark Akut di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800061_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Salah satu komplikasi stroke yang umum terjadi adalah Post Stroke Fatigue (PSF) dengan prevalensi dari 25% sampai 85%. PSF mempengaruhi Health-Related Quality f Life (HRQoL), disabilitas, ketergantungan dalam aktivitas sehari-hari, kemampuan untuk kembali bekerja, dan Case Fatality Rate pasien stroke. Murottal Al-Qur’an dapat meningkatkan gelombang alfa di otak, menurunkan stres dan biomarker inflamasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh murottal Al-Qur’an terhadap PSF dan mengetahui rerata skor FAS pada pasien stroke infark akut. Jenis penelitian eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design dengan 16 subjek di RS Islam Sultan Agung Semarang. Teknik sampling adalah consecutive sampling. Pada hari pertama dilakukan penilaian skor FAS, selanjutnya diperdengarkan murottal Al-Qur’an 2 sesi sehari, setiap sesi 15 menit selama 5 hari. Pada hari terakhir dilakukan penilaian skor FAS kembali. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus-Desember 2021. Uji analisis menggunakan uji T berpasangan. Sebagian besar subjek berusia kurang dari 65 tahun, berjenis kelamin laki-laki, menderita hipertensi, tidak menderita DM dan tidak merokok. Hasil penelitian pengaruh murottal Al-Qur’an terhadap perubahan skor FAS didapatkan nilai p 0,000 > 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh pemberian murottal Al-Qur’an terhadap perubahan skor FAS pada pasien stroke infark akut. Kata kunci : Post Stroke Fatigue, murottal, FAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:30
Last Modified: 02 Apr 2024 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item