PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale) TERHADAP KADAR EOSINOFIL (Studi Eksperimental Terapi Rinitis Alergi terhadap Tikus Putih Jantan Rattus novergicus Galur Sprague dawley yang di induksi Tungau Debu Rumah)

Izaturahmah, Elmila (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale) TERHADAP KADAR EOSINOFIL (Studi Eksperimental Terapi Rinitis Alergi terhadap Tikus Putih Jantan Rattus novergicus Galur Sprague dawley yang di induksi Tungau Debu Rumah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30101800057_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Rinitis Alergi merupakan peradangan mukosa nasal akibat proses inflamasi yang disebabkan oleh paparan alergen dengan perantara imunoglobulin E (IgE) yang memicu respon eosinofil untuk memfagositosis zat asing dan eliminasi bakteri serta mikroorganisme lain. Rinitis alergi telah menjadi masalah kesehatan global yang dapat berdampak pada kualitas hidup dan berhubungan dengan multiple comorbidity. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat pada jahe dapat menurunkan kadar eosinofil melalui aktivitas imunosupresi. Penelitian eksperimental post-test only control group design ini menggunakan 24 tikus putih jantan galur Sprague dawley dan dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol, kelompok tikus rinitis alergi tanpa pengobatan, kelompok tikus rinitis alergi dengan pemberian Cetirizine 0,18 mg/hari dan kelompok tikus rinitis alergi dengan ekstrak jahe dosis 500 mg/kgBB/hari. Penelitian dilakukan selama 34 hari, di hari ke 35 dilakukan pengambilan sampel darah dari vena orbita dan dilakukan pengukuran kadar eosinofil menggunakan metode apusan darah. Rerata kadar eosinofil pada kelompok pertama–keempat secara berurutan adalah 0,09 ± 0,11%.; 2,44±2,52%.; 2,19±2,30%.; 1,97±2,12%. Analisis data didapatkan pada kelompok 2 dan 4 data berdistribusi normal, namun pada kelompok perlakuan 1 dan 3 memiliki sebaran data tidak normal dan keempat kelompok tidak homogen, lalu dilanjutkan menggunakan uji non parametrik Kruskal Wallis menunjukkan perbedaan bermakna antar keempat kelompok (p<0,05). Hasil Uji Mann Whitney U-test juga menunjukan perbedaan yang signifikan pada tiap kelompok (p<0,05). Pemberian ekstrak jahe (Zingiber officinale) sebagai terapi berpengaruh terhadap kadar eosinofil pada tikus rhinitis alergi yang diinduksi tungau debu rumah. Kata Kunci : Rinitis Alergi, Ekstrak Jahe (Zingiber officinale), Antiinflamasi, Antioksidan, Eosinofil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:28
Last Modified: 02 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/25446

Actions (login required)

View Item View Item