Handayani, Liviana (2021) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI E-CRM, ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM Fashion Retail di Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
30401700119_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh E-CRM dan orientasi pasar terhdap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan UMKM ritel fashion di Semarang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan uji sobel. Dari 100 responden yang dijadikan sampel menunjukan bahwa a). e-crm memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. b) orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan keunggulan bersaing. c). keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. d). e-crm memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. e). orientasi pasar memiliki pengaruh yang positif namu tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : E-CRM, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:01 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:01 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24756 |
Actions (login required)
View Item |