PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI E-CRM, ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM Fashion Retail di Semarang)

Handayani, Liviana (2021) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI E-CRM, ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada UMKM Fashion Retail di Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30401700119_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh E-CRM dan orientasi pasar terhdap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan UMKM ritel fashion di Semarang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan uji sobel. Dari 100 responden yang dijadikan sampel menunjukan bahwa a). e-crm memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. b) orientasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan keunggulan bersaing. c). keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. d). e-crm memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. e). orientasi pasar memiliki pengaruh yang positif namu tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : E-CRM, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:01
Last Modified: 19 Jul 2022 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24756

Actions (login required)

View Item View Item