ANALISIS ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI PESAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA KEDAI KOPI DI KAWASAN TEMBALANG SEMARANG

Nugroho, Dany (2021) ANALISIS ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI PESAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA KEDAI KOPI DI KAWASAN TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30401612106_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pelanggan dan orientasi pesaing terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada kedai kopi di Kawasan Tembalang Semarang. Penelitian ini menggunakan semua populasi di Kawasan Tembalang Semarang sebagai sampel sebanyak 120 kedai kopi. Dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan pengisiannya dilakukan menggunakan skala likert menghasilkan temuan bahwa orientasi pelanggan dan orientasi pesaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Penelitian juga menemukan bahwa keunggulan bersaing mampu menjadi mediasi penting dalam menjembatani hubungan orientasi pelanggan dan orientasi pesaing dengan kinerja pemasaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan cara meningkatkan orientasi pelanggan dan orientasi pesaing dan akan lebih efektif apabila melalui keunggulan bersaing. Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:04
Last Modified: 19 Jul 2022 02:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item