Rahmat, Hauwinna Sabila (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN JASA PT POS INDONESIA MENURUT UU NOMOR 8 TAHUN 1999 (STUDI PADA PT POS INDONESIA CABANG KENDAL). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
30301800183_fullpdf.pdf Download (8MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
Abstract
Jasa pos merupakan jasa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat semakin banyaknya kebutuhan manusia yang selalu bertambah dari hari kehari sehingga dibutuhkanlah jasa pos sebagai sarana penunjang untuk memenuhi kebutuhan. Dan seperti yang telah kita ketahui dalam penyelenggaraan jasa pos ini didalamnya terdapat banyak sekali resiko yang dapat menyebabkan konsumen dirugikan, seperti misalnya keterlambatan barang kiriman, barang yang rusak, hingga hilangnya barang. Sehingga konsumen sebagai orang yang lemah membutuhkan perlindungan hukum. Rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimanakah tanggung jawab PT Pos Indonesia Cabang Kendal akibat kelalaian yang menyebabkan rusaknya atau hilangnya barang menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen? 2) Apa sajakah hambatan dan solusi yang ada di Perusahaan PT Pos Indonesia Cabang Kendal? 3) Faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab Wanprestasi dalam proses pengiriman barang di PT Pos Indonesia Cabang Kendal? Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu menghadapi permasalahan yang dibahas berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku kemudian dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi dalam masyarakat dan pengolahan datanya menggunakan data primer sesuai dengan keadaan yang ada dilapangan serta ditunjang dengan data skunder yaitu berupa buku-buku atau literature yang berhubungan dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini yang pertama, konsumen jasa pos di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kendal sudah cukup terlindungi yang ditinjau dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam. Kedua, tanggung jawab yang diberikan oleh pihak pos adalah dengan memberikan ganti rugi kepada pengguna jasa pos yang dirugikan, yang ketentuannya sudah ditentukan oleh pihak pos. Ketiga, dengan adanya wanprestasi inilah menimbulkan kerugian yang terjadi pada pengguna jasa Pos sebagai konsumen pengguna jasa sehingga menimbulkan faktor-faktor terjadinya wanprestasi. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab, Jasa Pos.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 01:58 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 01:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24643 |
Actions (login required)
View Item |