EKSISTENSI PT DUTA CEMERLANG MOTORS MELALUI EVENT LIVE INSTAGRAM @DUTAHINO SAAT PANDEMI COVID-19

Ashri, Talitha Vivian (2021) EKSISTENSI PT DUTA CEMERLANG MOTORS MELALUI EVENT LIVE INSTAGRAM @DUTAHINO SAAT PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31001500339_fulltextpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Pandemi covid-19 sangat berdampak pada seluruh bidang kehidupan, salah satunya di bidang otomotif. Seperti halnya yang dilakukan PT Duta Cemerlang Motors yang memanfaatkan media sosial mereka karena kegiatan konvensional seperti tatap muka tidak bisa dilakukan untuk tetap terkoneksi dengan follower dan customernya. PT Duta Cemerlang Motors berinovasi mengadakan sebuah event online berbentuk talkshow yang bertajuk ’”mini talkshow” sebagai wujud branding Duta Hino kepada masyarakat untuk tetap dapat menunjukan eksistensi, engagement, dan segala pembaharuan yang dilakukan Duta Hino ditengah pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas event live instagram @duta hino yang dilakukan PT Duta Cemerlang Motors (Duta Hino) agar komunikasi dengan para konsumennya tetap terjaga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Jenis data dari sumber data primer yang berasal dari wawancara mendalam dengan informan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal penelitian, skripsi terkait serta internet. Subjek dalam penelitian sejumlah 5 informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Computer Mediated Communication (CMC) dan New Media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan event live instagram yang dilakukan oleh PT Duta Cemerlang Motors untuk menjaga eksistensi di tengah pandemi dengan memanfaatkan media sosial memiliki dampak yang cukup baik bagi perusahaan dan juga pemirsa yang menyaksikan. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan observasi terhadap kegiatan tersebut disimpulkan bahwa Program event live instagram yang diadakan merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh PT Duta Cemerlang Motors untuk tetap dapat eksis di kalangan masyarakat di masa pandemi dikarenakan tidak dapat melakukan atau mengadakan acara secara tatap muka langsung demi membantu memutus rantai penyebaran covid-19 serta sudah melalui riset terlebih dahulu untuk melihat program atau acara apa yang sesuai dengan pasar yang dimiliki oleh perusahaan. Program tersebut mendapatkan respon yang sangat baik di setiap materinya yang ditandai dengan banyaknya interaksi yang terjadi pada saat acara dilaksanakan. Kata kunci: Eksistensi, Event Live Instagram, PT Duta Cemerlang Motors

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:16
Last Modified: 13 Jul 2022 04:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24528

Actions (login required)

View Item View Item