TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERNIKAHAN BEDA AGAMA DI WILAYAH HUKUM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus : Daerah Istimewa Yogyakarta)

Amelia, Anggita Ayu (2021) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PERNIKAHAN BEDA AGAMA DI WILAYAH HUKUM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus : Daerah Istimewa Yogyakarta). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800057_fullpdf.pdf

Download (857kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Pernikahan adalah suatu proses yang sakral yang hanya terjadi dalam waktu sekali seumur hidup yang menjalankannya. Undang-undang yang mengatur tentang Pernikahan No. 16 Tahun 2019 hanya mengatur tentang Pernikahan yang ada di Indonesia, tidak mengkhususkan atau mengatur secara rinci tentang Pernikahan Beda Agama, banyak pendapat yang menentang adanya Pernikahan Beda Agama dilaksanakan. Dalam penelitian ini, penulis akan menganalisa dasar dan pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta dalam menetapkan perkara permohonan izin perkawinan beda agama yang terjadi di wilayah Pengadilan Negeri Kota Yogyakarta. Dalam hal ini adalah penetapan hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta No. 33/Pdt.P/2009/PN. Yk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pustaka dengan pendekatan sosiologis. Metode ini digunakan untuk mengkaji atau menganalisis data yang berupa bahan-bahan hukum primer ataupun bahan hukum sekunder. Penulis akan mengkaji tentang pelaksanaan pernikahan beda agama dan akibat hukum nya yang dilakukan hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta, hakim Mahkamah Agung dalam memutuskan permohonan izin perkawinan beda agama di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini adalah penetapan hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta No. 33/Pdt.P/2009/PN. Yk Hasil Penelitian ini menunjukan bahwasannya dalam kasus ini terjadi pelaksanaan Pernikahan Beda Agama yang mendapatkan perijinan dari pihak Pengadilan Negeri Yogyakarta, dan penulis mengetahui akibat terjadinya Pernikahan Beda Agama yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kata Kunci : Pernikahan Beda Agama, Pengadilan Negeri Yogyakarta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:14
Last Modified: 13 Jul 2022 04:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24502

Actions (login required)

View Item View Item