PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : PT. TARINDO)

Rianika, Heski (2021) PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) MENGGUNAKAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : PT. TARINDO). Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
31601700046_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT. Tarindo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri kerajinan kuningan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, perusahaan memiliki kendala dalam pengadaan bahan baku sehingga mempengaruhi tidak tercapainya target produksi dan terlambatnya pengiriman. Oleh karena itu, perusahaan dilakukan pengukuran kinerja Supply Chain Management untuk mengidentifikasi kinerja SCM pada perusahaan, dengan mengetahui indikator apa saja yang digunakan untuk pengukuran kinerja tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan mengoptimalkan produksi kran. Pengukuran kinerja SCM dilakukan dengan metode Supply Chain Operation Reference (SCOR) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Parameter pengukuran produktivitas SCM menggunakan 5 proses inti SCOR yaitu plan, source, make, deliver, dan return. Setelah dilakukan pengolahaan data dihasilkan ada 17 indikator kinerja yang terpilih dan prioritas aribut utama yaitu reliability dan responsiveness untuk mengetahui kriteria dan prioritas utama maka dilakukan pembobotan terhadap indikator kinerja menggunakan metode AHP. Berdasarkan hasil pengolahan data nilai aktual kemudian di normalisasi snorm de boer, maka diketahui indikator kinerja yang memiliki nilai < 90 (Excellent). Hasil tersebut menunujukkan terdapat 5 indikator kinerja yang perlu dilakukan perbaikan. Hasil dari perhitungan diperoleh nilai total kinerja sebesar 91,47, maka pengukuran kinerja pada PT. Tarindo tersebut termasuk dalam skala diatas rata-rata. Kata Kunci : Pengukuran Kinerja, Supply Chain Management, SCOR, AHP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:31
Last Modified: 12 Jul 2022 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24148

Actions (login required)

View Item View Item