PENGUKURAN PENILAIAN KEY PERFORMANCE INDICATOR SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA PT DUA KELINCI PATI

Khorniawan, Adhe (2021) PENGUKURAN PENILAIAN KEY PERFORMANCE INDICATOR SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA PT DUA KELINCI PATI. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
31601601236_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT. Dua Kelinci Pati merupakan perusahaan pabrik pengolahan kacang tanah berteknologi tinggi asli Indonesia, terutama tanaman kelas satu yang ditanam di seluruh Jawa.yang memiliki cakupan pengiriman yang luas dari timur hingga ke barat Indonesia dan Internasional melalui darat, udara, dan air. Pimpinan perusahaan telah menerapkan sistem sanksi sehingga karyawan menjadi lebih disiplin tetapi masih ada pelanggaran kedisiplinan. Data pelanggaran kedisiplinan yang didapat melalui wawancara yaitu dihari kerja pada shift 3 karyawan bekerja pada pukul 23.00-07.00 WIB, karena kurang adanya pengawasan dari mandor di shift 3 karyawan kurang disiplin, sehingga istirahat tidak pada waktunya begitu pula sebaliknya. Selain itu tidak adanya reward yang diberikan kepada karryawan yang rajin bekerja. Penilaian PT. Dua Kelinci saat ini sudah menerapkan pengukuran key performance indicator yang di lakukan setiap awal tahun di semua sektor termasuk kinerja karyawan di dalamnya yang di ambil dari visi misi perusahaan kemudian dijabarkan menjadi strategy objective. Akan tetapi belum mempertimbangkan masalah pembobotan. Untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan yang ada di PT Dua Kelinci, maka perlu dilakukan pengukuran kinerja karyawan menggunakan metode Human Resource Scorecard agar di ketahui indicator apa saja yang belum ditingkatkan atau perbaikan sehingga diharapkan akan menghasilkan tindakan tindakan yang kompetitif berupa upaya peningkatan kinerja karyawan di masa mendatang. Metode pendekatan yang akan di gunakan pada penelitian ini adalah Human resource scorecard dan mengukur kinerja masing masing key performance indicator dengan menggunakan perbandingan berpasangan analytical hierarchy process. Untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan yang ada di PT Dua Kelinci, maka perlu dilakukan pengukuran kinerja karyawan menggunakan metode Human Resource Scorecard didapatkan 10 key performance indicator penjabaran dari empat perspektif yaitu financial skor EVN 0,52 customer EVN 0,41 internal business process 0,04 dan learning and growth 0,01. Dari perhitungan yang didapat terdapat dua kriteria yang belum konsisten yaitu financial dan internal business process oleh karena itu dibutuhkan perbaikan dan diharapkan akan menghasilkan tindakan tindakan yang kompetitif berupa upaya peningkatan kinerja karyawan di masa mendatang. Metode pendekatan yang akan di gunakan pada penelitian ini adalah Human resource scorecard dan mengukur kinerja masing masing key performance indicator dengan menggunakan perbandingan berpasangan analytical hierarchy process. Kata Kunci :key performance indicator, Human Resource Scorecard, analytical hierarchy process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:35
Last Modified: 08 Jul 2022 09:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24083

Actions (login required)

View Item View Item