TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KETIDAKNYAMANAN UMUM YANG TERJADI PADA lASA KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA DI BPS UUT SRI RAHAYU SEMARANG TAHUN 2010

LESTARI, SRI (2010) TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KETIDAKNYAMANAN UMUM YANG TERJADI PADA lASA KEHAMILAN TRIMESTER PERTAMA DI BPS UUT SRI RAHAYU SEMARANG TAHUN 2010. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
993304282_fulltext.pdf

Download (8MB)

Abstract

Salama kunjungan antenatal ibu mungkin mengeluh bahwa ia mengalami ketidaknyamanan. Keluhan selama hamil tersebut mungkin sudah diketahui dan bahkan dialami sendiri oleh ibu hamil, tetapi mungkin sebagian dari ibu hamil tersebut belum mengetahui penyebab serta cara perawatannya Sehingga sebaiknya ibu hamil perlu memiliki pengetahuan dan sikap mengenai penyebab, perawatan, pencegahan dan cara mengatasi. Penting bagi bidan untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai gangguan kehamilan agar dapat memberikan saran kepada ibu dan membantu mengatasi kondisi tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas penulis mengambil judul penelitian tingkat pengetahuan Ketidaknyamanan Umum Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan Trimester Pertama di BPS Ny. Uut Sri Rahayu Semarang Tahun 2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang ketidaknyamanan Trimester Pertama. Penelitian ini dilakukan di BPS Ny. Uut Sri Rahayu Semarang dengan sampel berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode cross sectional. lnstrumen penelitian ini yaitu karakteristik usia, paritas dan pendidikan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden untuk diisi dan kemudian dianalisis oleh peneliti. Berdasarkah hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik usia mayoritas 20-35tahun (90,6%), karakteristik paritas mayoritas multipara (71,9%), karakteristik pendidikan mayoritas SMAISMKIMA/MAK (75%), tingkat pengetahuan mayoritas baik (53,12%). Kata kunci Tingkat Pengetahuan tentang Ketidaknyamanan Trimester Pertama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:41
Last Modified: 07 Jul 2022 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24024

Actions (login required)

View Item View Item