Kuntjoro, Wuryanti (1996) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN POLIS ASURANSI KERUGIAN PADA PT (PERSERO) ASURANSI KERUGIAN JASA RAHARJA CABANG SEMARANG. Other thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
LP.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing mix yang meliputi Harga, Promosi dan distribusi untuk mencapai target/meningkatkan volume penjualan/penerimaan premi asuransi pada PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja Cabang Semarang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif yaitu dilakukan de ngan_regresi linier berganda. Sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual, aktivitas promo s i s alu rari d i str i b u s i / jumlah a ge n baik s e c ara p a rt ial mau p un simultan memberikan pengaruh yang po sitif dalam mencapai target atau meni ng k a tk an volu me p en j ualan/penerimaan p remi asuransi . D ari analisis SWOT di ketahui bahwa pada PT . ( Persero ) Asuransi K e rugian J asa Raharja, di Ii h a t d a ri M atri x D a y a Ta rik Industri (MDTI), nampak bah w a Posisi Pemasaran Perusahaan ada pada Invest/Growth ini menunjukkan unit usah a ters e b ut m e mili ki peluang bisnis yang amat j elas d an di saat yang sama juga memiliki kekuatan (keunggulan) bersaing. Oleh k aren a itu d i p er ki r a kan akan dap at teru s berkembang. Kekuatan-kekuatan tersebut adalah te rsebarny a kantorkantor ope rasional, kondisi s t af p em a sar an y ang b er pen galaman , p engembang an staf ba g ian pemasaran dengan pendidikan-pendidikan, image perusahaan yang baik dan keuan ga n ya n g c uku p kuat, se d angkan p eluangnya adalah kondisi perekonomian yang meningkat, bertambahnya penduduk akan berdampak a nt a ra lain, meningkatnya kes ada r an berasurans i d i kalang an masy ar akat, mening katny a hara p an hidup / pe rb aikan giz i p enduduk In donesia s erta Per atur an P emerintah membatasi masukny a p erusa haan asing dalam pasar asuransi nasio n al. Kebijaksanaan pemasaran P T. A suransi J asa R aharj a dil ak ukan dengan pertimbangan dan memperhatikan kemauan calon nasabah yang be rb e d a-be da s esuai dengan pe nd a p atanny a , dan persaingan yang semakin tajam dalam bidang industri jasa asuransi. Strategi yang digunakan adalah dengan mengkombinasikan variabel harga, promosi dan d istribus i . Me skipun nampakny a pre stasi p enerimaan p remi asuransi terus menin g kat dari tahun 1991-1995, akan tetapi selama 2 tahun te rakh ir pros e ntase kenaikan p enerimaan premi menunj ukkan penurunan , ag a r prestasi ters e bu t dapat men c apai t arget penjualan / program atau ren c ana perusahaan, diperlukan langkah-langkah dan strategi dalam pemasaran p oli s asuransi kerugian. U ntuk melakuk a nnya pe r usahaan har us m a m p u mengestimasi dan memproy e ksikan b aik kondis i inte rn maupun ekst e rn yang akan mempengaruhi aktivitas perusahaan. Kondisi intern adalah kekuatan dan kelemahan p e rusahaan, se dangkan kon d isi e kstren ad alah p eluang dan ancaman yang di hada p i p erusahaan . D ari kondisi pe rusahaan itu manaj eme n merumuskan s t rate g i yang tepat dan m e nga lok a s ik an su m b ersumber sec ara ef e kti f .
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 04:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23905 |
Actions (login required)
View Item |