Sumunara, Muhammad Led (2003) PENGARUH KONDISI FISIK, PELAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMILIH ARMADA TAKSI DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
04976053 fulltext.pdf Download (6MB) |
Abstract
Berkaitan dengan perkembangan jaman yang semakin meningkat mengakibatkan pembahan dan perkembangan di berbagai bidang. Begitu juga perkembangan di bidang transportasi yang merupakan sarana penunjang dari segala hal dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dari sarana transportasi adalah armada taksi yang memberikan layanan lebih dari sarana transportasi sejenisnya (bus, mini bus, bemo, angkutan kota , dan lain-lain). Di setiap daerah ada lebih dari satu perusahaan taksi, hal tersebut tentu menimbulkan persaingan yang ketat. Salah satu strategi armada taksi untuk mendorong keputusan memilih layanan taksi adalah dengan persaingan harga, memberikan fasilitas yang maksimal serta penampilan armada yang menarik dan bertujuan untuk memberikan layanan kepada mereka yang membutuhkan waktu cepat dan kenyamanan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh antara kondisi fisik taksi, pelayanan, dan tarif terhadap keputusan memiilih armada taksi. Lokasi penelitian dalam pembuatan skripsi ini adalah armada taksi yang ada di Kota Semarang. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah convenience sampling yaitu jenis teknik responden yang diambil yang memilih armada taksi yang ada di Kota Semarang diminta mengisi daftar pertanyaan yaitu sejumlah 100 (seratus) responden. Analisis regresi linier berganda digunakan dalam penelitian ini untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan sebelumnya. Perhitungan regresi berganda dan pengujian dalam penelitian menggunakan bantuan program konputer SPPS dengan menggunakan metode enter. Dari hasil perhitungan diperoleh : 1. Bahwa nilai signifikansi variabel kondisi fisik (X) adalah 0,016. Dengan tingkat kepercayaan 95% atau a =0,05 maka 0,016 tersebut lebih kecil dari a. = 0,05. Ini berarti bahwa variabel kondisi fisik berpengaruh terhadap keputusan untuk memilih taksi. 2. Bahwa nilai signifikansi variabel pelayanan (X) adalah 0,003. Dengan tingkat kepercayaan 95% atau o= 0,05 maka 0,003 tersebut lebih kecil dari a = 0,05. Ini berarti bahwa variabel pelayanan berpengaruh terhadap keputusan untuk memilih taksi. 3. Bahwa nilai signifikansi variabel tarif (X) adalah 0,001. Dengan tingkat kepercayaan 95% atau a= 0,05 maka 0,001 tersebut lebih kecil dari a = 0,05. Ini berarti bahwa variabel tarif berpengaruh terhadap keputusan untuk memilih taksi. 4. Bahwa nilai signifkansi variabel kondisi fisik (X), pelayanan (X), .dan tarif (X3) secara bersama-sama terhadap keputusan memilih armada taksi (Y) adalah 0,000. Dengan tingkat kepercayaan 95% atau a = 0,05 maka 0,000 tersebut lebih kecil dari a= 0,05. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel kondisi fisik (X), pelayanan (X), dan tarif (X) secara bersama-sama terhadap keputusan memilih armada taksi (Y). Dari pengujian ketiga variabel tersebut terhadap keputusan memilih, diperolah bahwa variabel tarif merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji yang paling besar. 5. Hasil koefisien determinasi model regresi diperoleh sebesar 0,643 atau 64,3% yang berarti bahwa 64,3% perubahan keputusan memilih armada taksi dipengaruhi oleh variabel kondisi fisik, pelayanan, dan tarif, sedang sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka diajukan saran-saran sebagai berikut : 1. Untuk meningkatkan minat para konsumen dalam memilih armada taksi yang akan ditumpangi maka hendak perusahaan annada taksi tetap menjaga kondisi fisik taksi agar tetap kelihatan bagus. Hal ini harus dilakukan karena pertama kali konsumen akan naik taksi, kondisi fisik taksi dari luar akan mencenninkan kondisi fisik di dalam taksi. 2. Pelayanan armada taksi di kota hams menjadi pertimbangan perusahaan karena saat ini telah banyak bennunculan taksi-taksi pesaing yang menawarkan pe!ayanan yang lebih menarik kepada konusmen pengguna jasa taksi. Oleh karena itu pengusaha armada taksi hendaknya lebih mengutamakan dalam hal pelayanan kepada konsumen. 3. Tari yang ada saat ini hendaknya tetap mengacu pada argo standar yang belaku saat ini karena banyak armada taksi yang tidak mengacu pada argo yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 03:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 03:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23641 |
Actions (login required)
View Item |