ANALISIS DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA PT. JAMU JAGO SEMARANG

Almi, Fitriana (2001) ANALISIS DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PADA PT. JAMU JAGO SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04975991_fullteks_U.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi sebagai syarat wajib bagi setiap mahasiswa guna mencapai gelar Sarjana Ekonomi pada Universitas Islam Sultan Agung Semarang, dengan mengambil judul ANALISIS DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR PADA PT. JAMU JAGO SEMARANG . Yang bergerak di bidang produksi jamu, adapun lokasi perusahaan di Jalan Setya Budi Srondol Semarang. Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini meliputi : I) Diversifikasi produk yang dilakukan PT. Jamu Jago untuk menghadapi persaingan pasar. 2) Bagaimanakah pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui diversifikasi produk yang dilakukan oleh perusahaan di dalam menghadapi persaingan pasar, mengetahui pengaruh diversifikasi produk terhadap peningkatan volume penjualan. Sedangkan pengertian diversifikasi adalah merupakan perbaikan dari produk yang telah dihasilkan dari suatu perusahaan yang telah ada dengan jalan menambah variasi dan aneka ragam dari produk ( Rahman Prawiraamidjaja, 1983: 95). Hipotesis yang penulis kemukakan yaitu apakah benar diversifikasi produk yang dilakukan perusahaan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap volume penjualan dalam menghadapi persaingan pasar. Sebagai objek penelitian / populasi adalah diversifikasi produk yang dilakukan perusahaan meliputi biaya diversifikasi produk dan data volume penjualan. Sampel yaitu diversifikasi selama limabelas caturwulan pada tahun 1996 sampai dengan tahun 2000. Analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah : analisa regresi untuk mengetahui pengaruh antara diversifikasi produk yang dilakukan terhadap volume penjualan sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar. Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui besamya prosentase pengaruh antara diversifikasi produk dengan volume penjualan. Pembuktian hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh diversifikasi produk terhadap volume penjualan. Berdasarkan hasil bukti dari analisis, maka dapat diketahui hasil dari perhitungan regresi yaitu : Y = 451,572 + 10,635 x, jadi apabila diversifikasi produk = no! maka nilai Y = a (451,572) artinya bahwa diversifikasi produk ternyata dapat meningkatkan volume penjualan sehingga perusahaan dapat mengikuti persaingan yang ada. Nilai dari (b) = 10,635 x adalah slope antara x 111 ( diversifikasi produk) dan Y ( volume penjualan ) berarti jika diversifikasi produk pada perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan sebesar 10,635. Sedangkan besarnya koefisien determinasi = 0,270 atau 27%, maka dapat dikatakan bahwa diversifikasi produk (variabe1 X) mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan. Pada pengujian t hitung menunjukan t = 2,195 yang berarti lebih besar dari t tabe1 = 2,1 60 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Di dalamperhitungan meliputi biaya diversifikasi produk dan volume penjualan dari tahun 1996 - 2000 mengalami kenaikkan meskipun hanya sedikit sekali. Untuk itu PT. Jamu Jago sebaiknya lebih memperhatikan di dalam melakukan diversifikasi produk serta penjualan produknya, dengan demikian akan banyak menarik konsumen baru sehingga mampu bersaing di pasar, selain itu dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:55
Last Modified: 08 Jul 2022 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23519

Actions (login required)

View Item View Item