HUBUNGAN KUALITAS PELA YANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RA WAT INAP KELAS ill DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Na'imah, Lilis Hidayatin (2011) HUBUNGAN KUALITAS PELA YANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RA WAT INAP KELAS ill DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070062 fulltext U.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang: Rumah Sakit merupakan penyedia layananan kesehatan bagi masyarakat pada umumnya. Tentunya sebagai penyedia jasa dibidang kesehatan setiap Rumah Sakit dituntut untuk mengutamakan kualitas pelayanan yang bennutu bagi setiap konsumennya. Selain fasilitas yang baik dan pelayanan para tenaga medis didalamnya merupakan hal utama yang berhubungan dengan kepuasan konsumen Rumah Sakit tersebut. Pelayanan keperawatan adalah salah satu aspek penunjang baik buruknya tingkat kepuasan konsumen (pasien) dan mendukung tingkat kesembuhan pasien. Dengan pe1ayanan yang bennutu dan fasilitas yang memadai, Rumah Sakit akan mampu bersaing dengan institusi pelayanan kesehatan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan dan kekuatan hubungan kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien. Metode penelitian: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan uji statistik person product moment. Data yang diperoleh berupa data primer dan tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan cara pengambilan sampel secara total populasi selama sebulan sebanyak 521 orang. Dari jumlah total populasi didapatkan sampel penelitian sebanyak 92 responden yang sesuai dengan kriteria penclitian. Hasil penelitian: berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa dari 92 responden penelitian menunjukkan 55 responden (59,8%) mengatakan kualitas pelayanan keperawatan baik, 3 7 responden ( 40,2%) mengatakan kualitas pelayanan keperawatan tidak baik, sebanyak 49 responden (53,3%) mengatakan puas dan 43 responden (46,7%) mengatakan tidak puas. Didapat p-value 0,015 dan r sebesar 0,254. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pclayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di RSI Sultan Agung Semarang dengan arah hubungan yang positif. Kata kunci: kualitas pelayanan keperawatan,kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:02
Last Modified: 01 Jul 2022 03:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item