ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK JAMU NYONYA MENEER SEMARANG

Mulyasih, Tri (2000) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK JAMU NYONYA MENEER SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04955405.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kehadiran jamu tradisional telah lama ada di semarang dan pada akhir-akhir ini mendapat perhatian banyak dari semua kalangan masyarakat,baik yang khasiatnya tidak kalah dengan obat modern. Karena ada kecenderungan masyarakat untuk menggunakan kembali jamu-jamu tradisional, penyempurnaan jamu yang diolah secara modern, serta semakin Iuasnya wilayah pemasaran yang dapat mendorong memasyarakatnya penggunaan jamu tradisional. Untuk dapat memenuhi keinginan konsumen perusahaan selaku produsen harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian jamu Nyonya Meneer. Dengan demikian perusahaan perlu mengetahui perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk jamu. Dengan melihat latar belakang permasalahan di atas,maka skripsi ini berjudul Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Jamu pada PT Nyonya Meneer Semarang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk jamu Nyonya Meneer Semarang. Adapun faktor-faktor tersebut meliputi faktor harga, pendapatan, kualitas, layanan dan manfaat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian vertifikatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengkaji kebenaran dari suatu pengetahuan, dalam hal ini penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk jamu.Metode analisa yang digunakan Chi-kuadrat, sedang untuk mengetahui ada tidaknya hubungan diantara .kedua variabel dengan menggunakan bantuan komputer (SPSS). Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai X hitung 23,6000 dengan menggunakan derajat kebebasan(DF)sebesar4 dan tabel sebesar 9,49.Dari analisa data yang telah dilakukan maka terdapat hubungan diantara a=0,05maka diperoleh X harga dengnan keputusan konsumen dalam.membeli produk jamu dimana X X hitung > tabel yaitu 23,6000 >9,49 sehingga Ho ditolak dan Hkditerima.Dengan membandingkan antara koefisien kontingensi (C) =0,566 dan koefisien kontingensi (Cmaks) = 0,894 hasil perhitungan menujukan C mendekati Cmaks dan mempengaruhi kedua hubungan variabel tersebut sebesar 63,31 %.Terdapat hubungan antara pendapatan dengan keputusan konsumen dalam membeli produk jamu, dimana X hitung >X' tabel yaitu 18,200 > 9,49 sehingga Ho ditolak Hk diterima. Dengan membandingkan koefisien kontingensi(C) = 0,894 basil perhitungan menujukan C mendekati Croaks,dan pengaruh hubungan 0,430dan koefisien kontingensi(Croaks)= kedua variabel tersebut 48,09%. Terdapat hubungan antara layanan dengan keputusan konsumen dalam membeli produk jamu, dimana X' > X hitung tabel yaitu 16,000 > sehingga Ho ditolak Hk diterima. Dengan 9 ,49 membandingkan antara koefisien kontingensi(C) = 0,942 dan koefisien = kontingensi (Cmaks) asil perhitungan menujukan C mendekati 0,894 b Cmaks dan mempengaruhi kedua hubungan variabel tersebut sebesar55,03%. Terdapat hubungan antara manfaat dengan keputusan konsumen dalam membeli produk jamu, dimana X hitung > X tabel yaitu 64,000 > 9,49 sehingga Ho ditolak Hk diterima. Dengan membandingkan koefisien kontingensi (C) = 0,337 dan koefisien kontingensi (Cmaks) = 0,894 hasil perhitungan menujukan C mendekati Croaks, dan pengaruh hubungan kedua variabel tersebut 37, 10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:46
Last Modified: 06 Jul 2022 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23478

Actions (login required)

View Item View Item