ANALISIS FAKTOR--FAKTOR YANG MEMPENGARUHL KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SUKU CADANG IMITASI SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Pada PT. Naga Sakti Motor Di Wilayah Pemasaran Semarang Barat)

ANTO, MOHAMMAD (2004) ANALISIS FAKTOR--FAKTOR YANG MEMPENGARUHL KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SUKU CADANG IMITASI SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Pada PT. Naga Sakti Motor Di Wilayah Pemasaran Semarang Barat). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04955297S.pdf

Download (20MB)

Abstract

Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengetahui informasi dari konsumen tentang produk yang dihasilkan yaitu melalui riset pemasaran. Riset pemasaran bertujuan untuk mengetahui tentang keinginan konsumen dan memperoleh informasiyang jelas tentang perilaku konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan sebagar dasar pertimbangan kebijaksanaan dibidang pemasaran. Perkembangan ilmu dan tekhnologi yang terjadi saat imi sangat pesat dan variatif, hal ini ditandai dengan munculnya produk-produk baru yang beredar dipasaran Seperti yang kita ketahui pada awal tahun 2000 masuknya sepeda motor Cina ikut meramaikan bisnis sepeda motor di Indonesia. Hal ini membuka suatu peluang bagi distributor suku cadang sepeda motor untuk mengembangkan usaha memasarkan produknya. PT Naga Sakti Motor sebagai salah satu distributor suku cadang imitasi sepeda motor menggunakan peluang yang ada untuk memasarkan suku cadang imitasi kepada konsumen. Sejak berdiri sampai sekarang, penjualan suku cadang imitasi mengalami fluktuasi, oleh karena itu perlu diadakan penehitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dan faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian suku cadang imitasi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan suku cadang imitasi Populast dalam penelitian ini adalah konsumen daerah pemasaran kodya Semarang wilayah Semarang Barat dengan jumlah sampel sebesar 100 responden yang diambil berdasarkan Accidental Sampling. Metode anahisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dan kuantitaif, Tekmik analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis (uji Random dan uji F) dan koefisien determinasf Hasil peritungan menunjukkan bahwa butir- butir dalam kuesioner penelitian dinyatakan valid dan reliabel. Hasil perhitungan analisis regresi yang dilakukan terhadap variabel X, (produk), X (harga) t (promos),dan Xu (distribusi), diperoleh hasil sebagai berikut Y5,727+0,204KN,- 0,280 X,+ 0,328 X)+ 0,11X, Dari persamaan diatas dapat disimpulkan bahwa variabel produk, promosi, dan distribusi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen, sedangkan variabel harga mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi, dan distribusimempunyai pengaruh yang signifikan baik secara partial maupun simultan terhadap keputusan konsumen dalam membehi suku cadang imitasi. Pengaruh yang diberikan dari keempat variabel dalam penelitian adalah 49,7 persen. Melalui koefisien beta diketahui variabel bebas yang paling berpengaruh promosi dengan nilai koefisien beta sebesar 0,328. Kemudian diikuti variabel distribusi dengan nilai koefisien beta sebesar 0311, variabel harga dengan nilai koefisien beta 0,280 dan variabel produk dengan nilai koefisien beta sebesar 0,204

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:16
Last Modified: 06 Jul 2022 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item