TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SEPATU MERK LOGGO YANG DI IKLANKAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI

DAMAYANTIE, RAKSI PADMA (2001) TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK SEPATU MERK LOGGO YANG DI IKLANKAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04976079.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam pembuatan skripsi ini, penulis mengadakan pcnelitian di RW. XIII Kelurahan Kembang Arum, Kecamatan Semarang Barut yang digunakan sebagai bahan dalam mencari data. Kelurahan Kembang Arum ini mempunyai luas dan batas wilayah sebesar 179.204 Ha dengan jumlah penduduk sebanyak 7.117 orang laki - laki, 6.862 orang wanita, serta 3.407 KK. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen dapat diterima dengan baik karena apabila konsumen telah menerima produk tersebut dengan baik, maka tujuan perusahaan telah tercapai. Suatu perusahaan pada umumnya mempunyai tujuan tertentu. Diantaranya adalah tujuan sosial dan tujuan mencari laba. Penelitian ini dibatasi pada : Bagaimana sikap konsumen terhadap produk sepatu merek Loggo yang diiklankan, bagaimana perilaku konsumen terhadap produk sepatu merek Loggo yang diiklankan, serta bagaimana pengaruh pendapatan, sikap, dan perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian produk sepatu merek Loggo yang diiklankan. · Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui sikap dan perilaku konsumen terhadap produk sepatu merek Loggo yang diiklankan, serta untuk mengetahui pengaruh pendapatan, sikap, dan perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian produk sepatu merek Loggo yang diiklankan. Metode penelitian yang digunakan adalah model multi atribut dari Fishbein dan analisis Jalur ( Path Analysis). Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: I. Sebagian besar responden berjenis kelamin wanita berjumlah 39 orang (78%), berumur 22- 28 tahun berjumlah 28 orang (56%), berdasarkan status marital responden yang belum menikah berjumlah 45 orang (90%), pekerjaan responden terbesar adalah pelajar / mahasiswa berjumlah 36 orang (72%), serta pendapatan responden terbesar adalah Rp 250.000 berjumlah 25 orang (50%) dan pendapatan < orang (2%) sebagai jumlah pendapatan terkecil yang dipilih oleh responden dalam kuesioner. > Rp 1.000.000 berjumlah 1 2. Pengaruh Pendapatan (XI) terhadap Sikap (X2) nyata pada tahap a (p) = 27,3% dengan kontribusi sebesar 2,5 % serta mempunyai derajat keeratan sebesar 15,8 %. Fenomena di atas memberikan indikasi bahwa pengaruh pendapatan terhadap sikap sebesar 72,7 %. Hal ini dimungkinkan karena sikap konsumen didalam pembelian sepatu tidak ditentukan oleh pendapatan. 3. Pengaruh Pendapatan (X1) dan Sikap (X2) terhadap Perilaku (X3) mempunyai kontribusi sebesar 77 ,5 % ; hal ini menunjukkan bahwa 22,5 % perilaku konsumen ditentukan oleh variabel - variabel lain diluar pendapatan dan sikap, misalnya: anggota keluarga, teman, orang lain, dan tenaga penjual. Pengaruh Pendapatan terhadap Perilaku nyata pada tahap a (p) 74,4% dengan tanda parameter yang negatif ( - ). Sedangkan kontribusinya sebesar 0,4% serta mempunyai derajat keeratan sebesar 9,3 %. Fenomena di atas memberikan indikasi bahwa pengaruh pendapatan terhadap perilaku sebesar 25,6 % ,, sedangkan 74,4 % perilaku dipengaruhi oleh variabel - variabel diluar pendapatan, misalnya : sikap konsumen itu sendiri. Pengaruh Sikap terhadap Perilaku nyata pada tahap a (p) = 0,01 % = dengan kontribusi sebesar 77, 1 % serta mempunyai derajat keeratan sebesar 87,9 %. Fenomena di atas memberikan indikasi bahwa perilaku konsumen ditentukan oleh sikap konsumen itu sendiri. 4. Pengaruh Pendapatan (Xl), Sikap (X2), dan Perilaku (X3) terhadap Keputusan Membeli (X4) mempunyai kontribusi sebesar 25 %, hal ini menunjukkan bahwa 75 % keputusan pembelian konsumen terhadap produk sepatu Loggo ditentukan oleh V ariabel - variabel lain diluar pendapatan, sikap, dan perilaku, misalnya : kualitas / mutu. Pengaruh Pendapatan terhadap Keputusan Membeli nyata pada tahap a (p)= 67,3 % dengan kontribusi sebesar 2,1 % serta mempunyai derajat keeratan sebesar 21,9 %. Fenomena diatas memberikan indikasi bahwa pengaruh pendapatan terhadap keputusan membeli sebesar 32,7 % ,, sedangkan 67,3 % keputusan membeli dipengaruhi oleh variabel - variabel di luar pendapatan, misalnya : sikap dan perilaku konsumen itu sendiri. . Pengaruh Sikap terhadap Keputusan Membeli nyata pada tahap a = (p) 0,0 I % dengan kontribusi sebesar 19 % serta mempunyai derajat keeratan sebesar 29,1 %. Fenomena di atas memberikan indikasi bahwa keputusan membeli ditentukan oleh sikap konsumen itu sendiri. Pengaruh Perilaku terhadap Keputusan Membeli nyata pada tahap a (p) = 0,01 % dengan tanda parameter yang negatif ( - ). Sedangkan kontribusinya sebesar 3,9 % serta mempunyai derajat keeratan sebesar 7,3 %. Fenomena di atas memberikan indikasi bahwa keputusan membeli konsumen dipengaruhi oleh perilaku konsumen itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:37
Last Modified: 30 Jun 2022 04:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item