Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Perjanjian Kerja antara Tenaga Kerja dengan Perusahaan menurut UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja

Agustina Citania Nurson, Della (2021) Tinjauan Yuridis Pelaksanaan Perjanjian Kerja antara Tenaga Kerja dengan Perusahaan menurut UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (351kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
S1 Ilmu Hukum_30301800112_fulldoc.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu pekerjaan selalu diawali dengan sebuah perjanjian kerja antara kedua belah pihak, yaitu tenaga kerja dengan perusahaan yang bersangkutan. Perjanjian tersebut sah dan mengikat bagi kedua belah pihak apabila syarat yang ada didalam isi perjanjian tersebut ter-penuhi. Perjanjian kerja juga akan mengikat sebagai Undang - Undang bagi mereka yang membuatnya. Semua yang ada didalamnya harus disepakati oleh kedua belah pihak. Namun dalam praktiknya banyak terjadi kerugian yang didominasi satu pihak. Hal ini terjadi juga ka-rena kurangnya pemahaman dalam isi perjanjian kerja yang telah dibuat. Penulisan ini ber-tujuan untuk mengetahui bagaimana syarat sahnya perjanjian kerja menurut UU No. 11 Tahun 2020 dan pelaksanaan perjanjian kerja menurut UU No. 11 Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini, menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Dimana penulis menggunakan sumber dari data sekunder yang bersumber dari penelitian kepustakaan dan studi dokumen kemudian dianalisis secara kuantitatif. Berdasar hasil penelitian penulis, syarat sahnya perjanjian kerja menurut UU No. 11 Ta-hun 2020 adalah adanya kesepakatan kedua belah pihak, kemampuan dan kecakapan melakukan perbuatan hukum, adanya pekerjaan yang diperjanjikan, serta pekerjaan yang di-perjanjikan tidak bertentangan dengan ketertiban umum, kesusilaan dan peraturan perundang - undangan yang berlaku. Kemudian, untuk pelaksanaan perjanjian kerja menurut UU No. 11 Tahun 2020 terdapat kewajiban tenaga kerja, antara lain melakukan pekerjaan, mentaati tata tertib perusahaan dan bertindak sebagai pekerja/buruh yang baik. Serta terdapat pula kewajiban perusahaan yaitu memberikan perlakuan yang sama tanpa adanya diskriminasi kepada pekerja, perusahaan harus menjamin kesehatan dan keselamatan kerja, kewajiban memberi gaji yang adil dan layak, serta perusahaan tidak boleh memberhentikan karyawan dengan semena - mena. Kata Kunci: Pelaksanaan Perjanjian Kerja, Tenaga Kerja, Perusahaaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:53
Last Modified: 07 Jun 2022 05:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22783

Actions (login required)

View Item View Item