ANALISA PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE KOLOM GROUT MODULAR PADA JALAN AKSES PICK UP ZONE BANDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG

ASSIDQI, MUHAMMAD FAQIH and PRAMESWARA, MUHAMMAD FIKO (2021) ANALISA PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN METODE KOLOM GROUT MODULAR PADA JALAN AKSES PICK UP ZONE BANDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (705kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (550kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (638kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (686kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
Fulltext 30201700121.pdf

Download (10MB)

Abstract

Bandar udara menjadi salah satu moda transportasi yang penting bagi suatu daerah atau suatu negara. Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, pada tahun 2018 telah memindahkan operasional bandara dari terminal lama ke terminal baru dengan kapasitas yang lebih besar. Namun, pada akses pick up zone mengalami penurunan. Tujuan penelitian berguna mengetahui hasil penurunan tanah, hasil tegangan efektif, dan hasil tekanan air pori berlebih. Kajian ini dilakukan perbaikan tanah lunak dengan metode Kolom Grout Modular. Kolom Grout Modular yaitu metode perkuatan tanah menggunakan bahan air dan semen. Material campuran dimasukkan ke dalam tanah menggunakan auger khusus sehingga membentuk kolom dengan diameter tertentu. Timbunan Load Transfer Platform (LTP) diletakkkan diatas KGM, berfungsi mendistribusikan beban. Tugas akhir ini menggunakan metode KGM dengan program numerik plaxis V.8.2. Permodelan KGM dengan 2 tipe plate dan cluster, sehingga dapat dibandingan hasil penurunan total tekanan air pori berlebih, tegangan efektif dan penurunan pada LTP. Konstruksi ini terkonsolidasi selama 50 tahun, mendapatkan hasil total penurunan konstruksi pada permodelan tipe plate sebesar 15,6 cm, dan tipe cluster sebesar 17,2 cm. Tekanan air pori berlebih KGM tipe plate sebesar 8,88 x 10-3 kN/m2 sedangkan KGM tipe cluster memiliki tekanan air pori berlebih sebesar 14,77 x 10-6 kN/m2. Tipe plate mengalami tegangan efektif sebesar 266,51 kN/m2 dan tipe cluster memiliki tegangan efektif sebesar 463,32. kN/m2. Sedangkan penurunan pada LTP setelah konstruksi terkonsolidasi 50 tahun untuk tipe plate sebesar 15,3 cm dan tipe cluster mengalami penurunan sebesar 16,8 cm. Kalimat Kunci : Kolom Grout Modular, pick up zone, plaxis,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:23
Last Modified: 15 Mar 2022 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item