UMAR, MUH ALWI (2021) ANALISIS WAKTU DAN BIAYA DENGAN METODE CRASHING, OVERLAPPING DAN GABUNGAN CRASHING OVERLAPPING (STUDI KASUS PROYEK PEMBANGUNAN BENDUNGAN BENDO LANJUTAN DI KABUPATEN PONOROGO, PROVINSI JAWA TIMUR). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (626kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (575kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (605kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (635kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
20201700048 fulltext.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penjadwalan merupakan hal yang krusial dalam sebuah proyek konstruksi dengan penyusunan proses penjadwalan harus dibuat detail agar dapat membantu pelaksanaan proyek yang efektif dan efisien. Pelaksanaan Proyek Pembangunan Bendungan Bendo Lanjutan Kab Ponorogo Jawa Timur dimulai tanggal 13 Desember 2019 dengan waktu penyelesaian 750 hari kalender atau direncanakan selesai pada tanggal 31 Desember 2021 namun pada pelaksanaannya proyek Bendungan Bendo Lanjutan mengalami keterlambatan dalam pelaksanaannya, semua factor tersebut dapat berdampak besar terhadap waktu dan biaya pada proyek tersebut, maka diperlukan analisis metode percepatan dengan pengurangan durasi proyek agar dapat mengejar prestasi yang tertinggal pada waktu-waktu sebelumnya dengan melakukan analisis jaringan kerja. Studi ini bertujuan untuk menganalisis waktu dan biaya proyek jika dilakukan percepatan (crashing) dengan penambahan jam kerja lembur, menganalisis waktu dan biaya proyek jika dilakukan metode tumpang tindih (overlapping), menganalisis waktu dan biaya proyek jika dilakukan metode gabungan antara percepatan (crashing) dan tumpang tindih (overlapping), yang terakhir bertujuan untuk mengkaji waktu dan biaya yang paling optimal dengan menggunakan alternatif crashing, overlapping dan gabungan antara crashing overlapping. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data time schedule dan laporan mingguan proyek, rencana anggaran biaya proyek, jumlah tenaga kerja setiap item pekerjaan. Analisis kemudian dilakukan untuk mengetahui waktu dan biaya akibat percepatan dengan penambahan jam kerja (crashing), overlapping dan gabungan crashing overlapping, selanjutnya dapat dicari perbandingan waktu dan biaya yang optimum dari tiga alternative tersebut. Dari hasil 3 perhitungan dapat disimpulkan bahwa waktu dan biaya akibat percepatan yang optimum adalah metode gabungan crashing dan overlapping dengan penambahan jam kerja (lembur) selama 3 jam serta mengubah relationship dan lag didapat pengurangan biaya sebesar Rp 5.854.374.553 dari total biaya pekerjaan normal yang jumlahnya sebesar Rp 287.227.881.577 menjadi Rp 281.373.507.024 atau turun 2,038 % dari total biaya pekerjaan normal dengan pengurangan durasi pekerjaan waktu selama 271 hari dari waktu normal 750 hari menjadi 479 hari. Kata Kunci : Percepatan proyek, Metode crashing, Metode Overlapping, Kombinasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 07:13 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 07:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22227 |
Actions (login required)
View Item |