PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2007-2011)

Anindyajati, Nugraha Harta Wijaya Avia Aditya Dimas (2014) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2007-2011). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstark.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan dan kinerja pasar perusahaan manufaktur. CSR merupakan aktivitas perusahaan dalam mencapai keseimbangan atau integrasi antara aspek ekonomi, lingkungan, dan social tanpa mengesampingkan ekspetasi para pemegang saham (menghasilkan profit). Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh CSR setelah dan sebelum terbitnya UU PT No.40 tahun 2007. Penelitian ini menggunakan Corporate Social Disclosure Index (CSDI) sebagai ukuran pengungkapan CSR, berdasarkan indikator dari Global Reporting Initiative (GRI). Sampel penelitian ini adalah 57 perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2007-2011. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi berganda dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode studi pustaka. Hasil penelitian ini berhasil membuktikan kedua hipotesis penelitian yaitu pengungkapan aktivitas CSR (CSR disclosure) berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan satu tahun ke depan (ROEt+1) dan pengungkapan aktivitas CSR (CSR disclosure) berpengaruh positif terhadap kinerja pasar perusahaan (abnormal return) karena baik menggunakan model regresi I dan II, menunjukkan bahwa CSR disclosure berpengaruh terhadap nilai ROEt+1 dan abnormal return. Hal ini menunjukkan bahwa investor masih berorientasi jangka panjang dan tetap mempertimbangkan pengungkapan CSR di dalam melakukan investasi pada perusahaan manufaktur pada tahun 2007-2011. Diterbitkannya UU PT No.40 tahun 2007 ternyata mempengaruhi aktivitas pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur. Kata Kunci: CSR disclosure, ROE, Abnormal Return

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2016 02:02
Last Modified: 07 Jan 2016 02:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item