FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN SAK ETAP BAGI UKM (Studikasuspada UKM batik di Semarang)

Ikah, Illa (2014) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUTUHAN SAK ETAP BAGI UKM (Studikasuspada UKM batik di Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Usaha kecil, danmenengah (UKM) mempunyaiperan yang sangat vital terhadappembangunandanpertumbuhanperekonomian.Kendalautama yang seringdihadapiadalahpermodalan, pemasarandansystemmenejemenkeuanganterkaitdenganpelaporankeuangan. Penelitian dengan judul Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan SAK ETAP bagi UKM ini menguji beberapa faktor yang mempengaruhi Kebutuhan SAK ETAP bagi UKM Batik di Kota Semarang. Adapunfaktor-faktor yang diujitersebutadalahtingkatpendidikanpemilik, pemahamanteknologiinformasi, karakteristikkualitatiflaporankeuangan, dansosialisasi SAK ETAP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan jenis data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah semua UKM Batik di Kota Semarang yang sudah menyajikan laporan keuangan. Sampel dalam penelitian ini adalah pengelola atau pemilik UKM. Total sampel adalah 42 UKM. Data penelitian didapat dari penyebaran keusioner kepada 42 UKM yang menjadi responden yang berlokasi di Kota Semarang. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS versi 16. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linier berganda, beberapa pengujian yangdilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik,uji normalitas, uji multikolinearitas,uji heteroskedasitas, uji t dan uji F Hasil analisis menunjukan bahwa untuk hasil pengujian validitas seluruh item pertanyaan adalah valid. Pengujian reliabilitas seluruh item pertanyaan pada variabelvariabel terkait adalah reliabel. Hasil uji normalitas terjadi pendistribusian data secara normal. Varibel penelitian tidak terjadi multikolinearitas. Uji Heteroskedasitas menunjukan data menyebar tidak membentuk pola tertentu. Pengujian hipotesis terbukti bahwa Pendidikan Pemilik (X1) dan Sosialsasi SAK ETAP (X4) berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan SAK ETAP bagi UKM, sedangkan Pemahaman Teknologi Informasi (X2) dan Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan (X3) tidak berpengaruh terhadap kebutuhan SAK ETAP bagi UKM. Kata Kunci : pendidikan pemilik, teknologiinformasi,SAK ETAP,sosialisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Dec 2015 07:41
Last Modified: 31 Dec 2015 07:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item