PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN SIKAP ETIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PEMAHAMAN IFRS ( StudiKasusPadaUniversitas di Semarang )

Haryanti, Haryanti (2014) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL,KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN SIKAP ETIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING DALAM PEMAHAMAN IFRS ( StudiKasusPadaUniversitas di Semarang ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Tiap mahasiswa diharapkan mempunyai peran masing-masing. Mahasiswa diharapkan ikut turut andil dalam setiap bentuk perubahan terbaru dalam akuntansi. Mahasiswa di tuntut untuk lebih mandiri, lebih siap, kritis dan berperilaku bijak, dalam setiap bentuk perubahan yang baru. Perubahan terbaru mengenai bentuk standar akuntansi berupa IFRS. Masih membutuhkan partisipasi khususnya untuk para mahasiswa yang dituntut untuk dapat mengetahui informasi terbaru. Dampak terhadap diri sendiri akan menyebabkan timbul rasa kepercayaan diri pada individu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara kecerdasan emosional, intelektual, spiritual dan sikap etis dalam pemahaman mahasiswa terhadap IFRS serta kepercayaan diri dalam memoderasi. Penelitianinimenggunakanmetodesurvei yang menggunakan data primer yang diperolehdarikuesioner.PopulasidalampenelitianiniadalahmahasiswaFakultasEkonomi JurusanAkuntansi di Semarang yang memilikiakreditasi “A”.Jumlahsampel yang diambildalampenelitianiniadalah70mahasiswadariUniversitasIslam Sultan Agung, Universitas Katolik SoegijapranatadanUniversitasDiponegoro. Pengukuran untuk masing-masing variabel dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach. Bahwa masing-masing variabel dari 70 item diperoleh dari sebesar 0,375 sampai dengan kisaran 0,710 dinyatakan valid. Uji reliabilitas diperoleh sebesar 0.740 yang berarti reliabel. Berdasarkan hasil deskripsi subjek diketahui subjek yang berjenis kelamin laki-lakicenderung lebih sedikit dibandingkan dengan subjek perempuan. Begitu pula dalam kepercayaan diri subjek yang berjenis kelamin laki-laki cenderung lebih percaya diri dibandingkan dengan subjek perempuan. Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual serta kepercayaan diri tidak berpengaruh secara parsial. Bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh tiap individual cenderung dimiliki ka� � � � � ��� � •� � eturunan) sehingga tiap individu akan sulit untuk dapat mengembangkan bakat yang dimilikinya, serta kurang rasa percaya diri karena sulit untuk beradaptsai dengan lingkungan akansulit untuk mahasiswa untuk dapat menerima informasi dengan cepat dan kritis. Pengujian hipotesis terhadap variabel sikap etis menunjukan bahwa sikap etis berpengaruh secara signifikan, hal ini menunjukan adanya penerapan yang seharusnya diterapkan sejak dini, baik pelatihan maupun tata cara yang diterapkan dalam proses belajar. Serta keikutsertaan peran orangtua dalam mendidik anaknya, sehingga akan mengetahui karakter tiap masing-masing individual. Kata Kunci : kecerdasan emosioanl, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, sikap etis, Kepercayaan Diri dan pemahaman IFRS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:28
Last Modified: 31 Dec 2015 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item View Item