HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PENCEGAHAN DEMAM TIFOID DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID Studi Observasional Analitik Pada Keluarga Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kedung II, Kabupaten Jepara

Zahro, Sofia (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PENCEGAHAN DEMAM TIFOID DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID Studi Observasional Analitik Pada Keluarga Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kedung II, Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (777kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (337kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (282kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (349kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Latar belakang: Typhoid fever atau disebut juga demam tifoid adalah kasus penyakit yang memerlukan upaya yang tepat dalam menangani penyakit ini karena memiliki angka kasus yang tinggi baik angka kematian maupun kesakitan. Faktor penting dalam mencegah terjadinya demam tifoid adalah tingkat pengetahuan keluarga mengenai upaya pencegahan penyakit. Tingkat pengetahuan keluarga yang rendah mengakibatkan tindakan preventif yang dilakukan oleh keluarga terhadap kejadian demam tifoid masih rendah. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui hubungan tingkat pengetahuan keluarga tentang pencegahan demam tifoid dengan kejadian demam tifoid di Puskesmas Kedung II. Metode: Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dan desain penelitian kasus kontrol. Sampel penelitian ini yaitu keluarga pasien rawat jalan di Puskesmas Kedung II, Kabupaten Jepara pada bulan 1 Januari – 31 Oktober 2020. Analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat menggunakan metode Chi Square dan fisher exact test dimana nilai α = 0,05 serta menganalisis risiko pengetahuan keluarga terhadap penyakit demam tifoid. Hasil: Tingkat pengetahuan keluarga tentang pencegahan demam tifoid pada kelompok kasus terdapat 25 orang (83,3%) memiliki tiingkat pengetahuan kurang/cukup, dan 5 orang (16,7%) berkategori baik, sedangkan pada kelompok kontrol terdapat 27 orang (90%) memiliki tingkat pengetahuan kurang/cukup, serta 3 orang 130%) berkategori baik. Analisis bivariat menggunakan metode fisher exact pada penelitian menunjukkan hasil yaitu 0,706(> 0,05) dan hasil OR sebanyak 0,556 serta nilai Confidence Interval mencakup angka 1 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan tingkat pengetahuan keluarga tentang pencegahan demam tifoid dengan kejadian demam tifoid serta tingkat pengetahuan keluarga tentang pencegahan demam tifoid yang kurang/cukup belum dapat disimpulkan sebagai faktor protektif. Kesimpulan: Tidak ada hubungan tingkat pengetahuan keluarga tentang pencegahan demam tifoid dengan kejadian demam tifoid di Puskesmas Kedung II dan tingkat pengetahuan keluarga tentang pencegahan demam tifoid yang kurang/cukup belum dapat disimpulkan sebagai factor protektif. Kata kunci: Pencegahan, Demam tifoid, Pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:40
Last Modified: 20 Dec 2021 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item View Item